Dukung Pengembangan Masyarakat, SSB Hadirkan Program Training of Trainer

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 April 2022 - 15:12 WIB

Dok. PT. Sanggar Sarana Baja (SSB)
Dok. PT. Sanggar Sarana Baja (SSB)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  PT Sanggar Sarana Baja (SSB) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM), menggelar program CSR yang berkelanjutan yaitu Training of Trainer (ToT) sebagai wujud komitmen SSB dalam mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan produktivitas daerah, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur.

Johan Budisusetija selaku Direktur PT SSB menjelaskan bahwa hadirnya CSR Program ToT ini sejalan dengan visi perusahaan, yaitu secara terus menerus menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia.

“SSB senantiasa berkomitmen untuk menyejahterakan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional secara berkesinambungan dengan pendidikan berkualitas dan peningkatan skill agar masyarakat memiliki pekerjaan yang layak, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Johan yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (8/4/2022).

Adapun kegiatan ini terlaksana berkat kemitraan yang baik antara SSB dengan lembaga pendidikan juga rekanan bisnis di sekitar area operasional yaitu PT Kaltim Prima Coal (KPC), SMKN 1 Balikpapan, dan juga Balai Latihan Kerja Industri Mandiri (BBLKI) Kutai Timur.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta telah melalui serangkaian kegiatan yaitu mulai dari pelatihan pengelasan di Training Center SSB, On Job Training (OJT) selama sepekan di Workshop SSB Balikpapan, hingga pelatihan menjelang sertifikasi dari BNSP.

Selanjutnya para peserta menempuh ujian sertifikasi BNSP KKNI level 3, setelah berhasil maka para peserta tersebut dinyatakan kompeten dan mendapatkan sertifikasi langsung dari BNSP.

Febriana Kurniasari selaku Superintendent Community Health and Education PT KPC menjelaskan bahwa kerjasama KPC dan BLK Kutai Timur sudah berjalan dalam waktu yang tidak sebentar, terutama dalam program-program pengembangan masyarakat Kutai Timur, sedangkan SSB adalah salah satu kontraktor terbesar KPC.

“Kami menyambut baik dan mendukung program ini, karena program ini juga sejalan dengan goals kami untuk meningkatkan skill masyarakat Kutai Timur agar putra/i daerah bisa memiliki peluang yang maksimal dan dapat terserap di industri,” jelasnya.

Pelaksanaan CSR Program ToT ini ditujukan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), yang merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat yang mencakup 17 tujuan.

Dengan diselenggarakannya Program ToT ini, SSB turut mendukung pembangunan yang berkelanjutan setidaknya 3 tujuan di antaranya adalah Pendidikan Bermutu, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

“Kami menyadari bahwa upaya pencapaian target TPB/SDGs ini menjadi prioritas pembangunan nasional yang tentunya memerlukan sinergi dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan program tersebut, sekaligus juga kembali mengajak segenap elemen masyarakat untuk turut andil dan mendukung tujuan dari program ini,” pungkas Johan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…

Lion Parcel

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:54 WIB

Selama Ramadan dan Lebaran 2022, Lion Parcel Catat Peningkatan Volume Pengiriman hingga 30 Persen

Peningkatan volume pengiriman tersebut selain dapat menjadi indikator makin berputarnya roda perekonomian di Tanah Air, juga membuktikan bahwa preferensi dan kepercayaan masyarakat yang kian…