Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, Keunikannya Nggak Bisa Ditemui di Smartphone Lain

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 04 April 2022 - 19:20 WIB

Potret Gedung Kota Dini Hari Tertangkap Jelas dengan Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)
Potret Gedung Kota Dini Hari Tertangkap Jelas dengan Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Samsung Galaxy S22 Ultra 5G merupakan varian tertinggi di jajaran ponsel cerdas (smartphone) Samsung Galaxy S22 Series 5G yang baru-baru ini diluncurkan PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Hal itu karena Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memiliki fitur kamera yang bervariasi sehingga mampu menghasilkan sebuah video sinematik (Cinematic Video) berkualitas tinggi.

 

Video sinematik adalah video yang dibuat sedemikian rupa sehingga hasil tayangannya di monitor terlihat seperti film-film yang ditayangkan di berbagai bioskop. Video seperti itu dapat dibuat dengan menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. Itu sangat dimungkinkan berkat adanya berbagai fitur Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang saling mendukung.

 

Seperti diketahui, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dibekali kamera utama yang dilengkapi dengan sensor berkapasitas 108 MP ISOCELL HM3 serta optical image stabilization (OIS). Kamera utama berkualitas tinggi itu ditopang oleh kamera ultrawide berukuran 12 MP, kamera telephoto 10 MP yang memiliki OIS berkapasitas perbesaran 3 kali, dan kamera periskop berkapasitas 10 MP yang disertai perbesaran OSIS hingga 10 kali.

 

Di samping itu, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga memiliki kamera depan berkapasitas 40 MP yang dapat memberikan dua mode pengambilan gambar, yaitu gambar normal dan gambar yang melebar (wide).

 

Sepintas lalu, perangkat keras (hardware) Samsung Galaxy S22 Ultra 5G ini mirip dengan pendahulunya Samsung Galaxy S21 Ultra. Akan tetapi, perbedaan yang signifikan terletak pada chip ISP (Image Signal Processor) Qualcomm Spectra, yang merupakan generasi terkini sehingga memungkinkan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G menghasilkan foto dan video yang jauh lebih baik dibandingkan para pendahulunya.

 

Chip ISP Qualcom Spectra terbaru yang dipadukan pada prosesor Snapdragon 8 Gen 1 serta ditopang oleh teknologi Snapdragon Sighty saat ini menjadi sebuah ISP 18-bit pertama yang diproduksi Qualcomm. Perpaduan teknologi ini dapat menopang kamera merekam gambar secara detil dan menakjubkan karena cakupan warna yang dihasilkan dapat mencapai lebih dari satu miliar warna ketika digunakan pada pengambilan video HDR 8K.

 

Kecanggihan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yangn dapat melebihi para pendahulunya juga didukung oleh kemampuannya karena sudah dapat dioperasikan di dalam sistim operasi (Operating System/OS) One UI 4 berbasis Android 12 yang baru. Di samping dapat berdampak pada kinerja smartphone, OS yang terbaru ini juga dapat menghadirkan berbagai fitur baru yang berguna menunjang produktivitas dan kreativitas para penggunanya.

 

Dengan OS terbaru seperti itu, tersedia fitur bagi para pengguna sehingga mereka dapat mengubah resolusi secara langsung dan frame rate mode untuk pembuatan sebuah video. Selain itu, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga memiliki fitur yang dapat mengaktifkan super steady Mode dengan memadukan OIS dengan EIS (Electronic Image Stabilization).

 

Ada pula fitur baru lainnya yang dimiliki Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, yaitu Auto FPS yang memudahkan para pengguna merekam video bermutu tinggi kapanpun dan di manapun. Dengan fitur ini, kamera akan secara otomatis menyesuaikan frame rate video dengan intensitas cahaya sekitar yang ada. Video Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat merekam dengan kecepatan hingga 60 frame per second (FPS) jika cahaya yang ditangkap sensor kamera berkualitas cukup terang.

 

Meski demikian, ketika digunakan untuk membuat video pada malam hari atau di sekitar cahaya yang temaram, frame rate Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat turun hingga 15 FPS agar sensor kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya sehingga dapat menghasilkan video yang berkualitas lebih baik dan dapat dinikmati sedemikian rupa.

 

Hebatnya lagi, sistem Aritificial Intelligence (AI) yang dimiliki kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat menyatukan frame bagian tengah untuk mengisi celah video berkecepatan 15 FPS agar terlihat mulus dan menayangkan hasilnya kepada penonton dengan kecepatan 24 FPS.

 

Auto FPS pada kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G merupakan bagian dari fitur Nightography. Karena itu, di samping mampu menghasilkan foto malam hari yang lebih jernih, kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga dapat menghasilkan Nightography Video.

 

Hal itu dimungkinkan, karena teknologi yang diterapkan pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah teknologi memadukan stabilisasi kamera dengan fitur Auto FPS. Tujuannya adalah agar pengguna dapat merekam dan menghasilkan video yang terang, warna yang kaya, serta detil yang tinggi kendati diambil dalam kondisi temaram (low light).

 

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga memiliki OIS yang dapat menyesuaikan sudut 58% menjadi lebih lebar dibandingkan pendahulunya Samsung Galaxy S21 Ultra. Sedangkan EIS yang terdapat pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G ini memiliki kemampuan frekuensi pengambilan hingga 4 kali lebih tinggi. Itu untuk memaksimalkan potensi AI guna menghasilkan gambar yang stabil.

 

Selain Auto FPS, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga memiliki banyak fitur lainnya yang memungkinkan pengguna menghasilkan video berkualitas tinggi, yaitu:

 

 

 

 

1. Pro Video Mode

Pro Video Mode adalah fitur mode otomatis yang tersedia pada sistem kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. Fitur ini dapat dipadukan dengan fitur-fitur super steady  (OIS + VDIS) dan portrait video untuk menghasilkan foto atau video yang luar biasa (awesome). Para pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga dapat mencoba fitur Pro Mode dan Pro Video Mode untuk mengambil video untuk dijadikan sebuah konten dengan mutu yang terbaik.

 

Ini adalah mode profesional yang tersedia pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G sehingga memungkinkan para pengguna dapat menangkap gambar atau video lebih bagus sambil menyesuaikan berbagai opsi pengambilan gambar secara manual, misalnya eksposur.

 

Untuk memfungsikan mode ini, para pengguna dapat memilih opsi More di bagian paling kanan kamera aplikasi. Kemudian pilih Pro untuk memotret atau memilih Pro Video untuk membuat video.

 

Dengan memanfaatkan mode tersebut, maka para pengguna dapat menyesuaikan ISO untuk intensitas cahaya ketika pengambilan gambar, shutter speed, nilai eksposur (EV), white balance, hingga fokus microphone dan kecepatan perbesaran gambar.

 

Fitur Pro Video Mode dapat dimanfaatkan para pengguna untuk membuat video sinematik berkualitas terbaik. Sementara itu, agar dapat menampilkan efek sinematik yang apik, para pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat ‘memainkan’ ISO, eksposur, dan zooming secara perlahan (smooth).

 

 

 

 

2. Super steady  (OIS + VDIS)

Video sinematik erat terkait dengan stabilisasi gambar. Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memang sudah stabil berkat dukungan OIS. Namun, Samsung memberikan opsi lainnya untuk membantu para pengguna merekam video dengan kualitas ultra stabil, seperti pengambilan gambar video secara manual yang menggunakan gimbal.

 

Agar para pengguna dapat merekam video dengan kualitas ultra stabil, maka Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga dibekali fitur Super Steady. Fitur ini memadukan perangkat keras (hardware) OIS dan perangkat lunask (software) EIS.  Kombinasi ini menghasilkan rekaman gambar yang mulus, bahkan ketika gambar tersebut diambil oleh pengguna sambil berjalan cepat bahkan berlari.

 

Dengan mode tersebut, pengguna dimungkinkan untuk mengabadikan momen ultra stabil pada resolusi Full HD berkecepatan 60 FPS atau 30 FPS. Untuk mengaktifkan fitur Super Steady, para pengguna dapat masuk ke mode Video dan tekan logo bergambar tangan di bagian atas.

 

 

 

 

3. Potrait Video

Agar video sinematik terlihat lebih dramatis, anda dapat mencoba fitur Portrait Video. Anda dapat menemukan fitur ini melalui opsi More di bagian kamera aplikasi. Portrait Video membuat anda dapat merekam dengan bantuan empat efek bokeh yang menarik, yaitu Big Circle yang memberikan efek blur yang buram pada latar belakang gambar, Color Point yang dapat memberikan efek monokrom di belakang sementara subjek utama diberikan warna yang lebih vivid.

 

Bahkan, anda dapat merekam video bergaya ala game Cyberpunk 2077 dengan menggunakan efek Glitch sebagai latar belakang. Efek ini didominasi warna ungu dan putih di bagian belakang, sementara itu warna asli subjek utamanya tetap dipertahankan.

 

 

 

 

Jika anda ingin merasakan dan menikmati berbagai fitur unggulan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G seperti  yang diuraikan di atas, anda sudah dapat memiliki smartphone tersebut di Indonesia dengan harga Rp17,9 juta untuk RAM 12GB dan memory 128 GB, harga Rp18,9 juta untuk RAM 12GB dan memory 256 GB, dan harga Rp20,9 juta untuk RAM 12GB dan memory 512 GB.

 

Kini, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G tersedia dalam empat warna pilihan, yakni Burgundy, Green, Phantom Black, dan Phantom White.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…

MODENA Energy

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

MODENA Energy Klaim Siap Maksimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

MODENA Group, salah satu pionir terdepan home appliances di Indonesia, dengan bangga mengumumkan peluncuran MODENA Energy, sebuah lini bisnis yang bertujuan untuk menciptakan solusi mengenai…

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri AVPN Abu Dhabi 2024

Rabu, 24 April 2024 - 10:20 WIB

Di Ajang AVPN Abu Dhabi 2024, Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Pariwisata Berkelanjutan Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa praktik-praktik pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi dasar utama dalam pengembangan…

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk

Rabu, 24 April 2024 - 10:15 WIB

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. Catatkan Kinerja Solid di Kuartal Pertama 2024

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. (dahulu PT Surya Esa Perkasa Tbk.) (“ESSA”), perusahaan tercatat yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas)…