Teken Komitmen Investasi Capai USD 728 Juta, Adaro Bakal Bangun Smelter Aluminium di Kawasan Industri Hijau

Oleh : Ridwan | Senin, 04 April 2022 - 09:40 WIB

Industri Aluminium
Industri Aluminium

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) melalui PT Adaro Aluminium Indonesia menandatangani Surat Pernyataan Maksud Investasi (Letter of Intention to Invest) sebesar USD728 juta.

Investasi tersebut untuk pembangunan aluminium smelter di Kawasan Industri Hijau Indonesia terbesar dunia, yang sedang digarap oleh PT Kalimantan Industrial Park Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur Adaro Ario Rachmat pada 21 Desember 2021 di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara yang turut disaksikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Melalui investasi ini, Adaro berharap dapat membantu mengurangi impor aluminium, memberikan proses dan nilai tambah terhadap alumina serta meningkatkan penerimaan pajak negara," kata Ario dalam keterangan resminya, Minggu (3/4).

Sejalan dengan komitmen Adaro untuk melakukan transformasi bisnis melalui green initiative jangka panjang, ia menambahkan, maka Adaro melakukan investasi untuk membangun aluminium smelter guna mendukung program hilirisasi industri yang dicanangkan pemerintah.

"Adaro juga berharap keberadaan industri aluminium di Kalimantan Utara ini dapat mendatangkan banyak investasi lanjutan dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, PT Adaro Energy Indonesia membangun kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. Melalui Adaro Minerals, perusahaan tersebut membangun industri pengolahan aluminium dan bahan lain yang diperlukan kendaraan listrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…

Outlet Paris Baguette

Senin, 23 Mei 2022 - 11:46 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet Baru di Bekasi dan Tangerang

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya d pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment (EFN) meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka 4 outlet baru Paris…