Hadirkan Jaringan Nasional Volunteer Lansia Indonesia, Dompet Dhuafa Ingin Lansia Lebih Berdaya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 29 Maret 2022 - 19:36 WIB

Dompet Dhuafa Hadirkan Jaringan Nasional Volunteer Lansia Indonesia
Dompet Dhuafa Hadirkan Jaringan Nasional Volunteer Lansia Indonesia

INDUSTRY.co.id - Semarang - Usia lanjut usia (lansia) menjadi perhatian bersama untuk dapat diberdayakan ditengah masyarakat. Dengan dibekali ilmu, mereka dapat memulai usaha yang mudah dan praktis sesuai dengan kategori usia mereka. 

Seperti yang dilaksanakan Dompet Dhuafa Bersama DD Volunteer Dan Pesantren Lansia Raden Rahmat Hadirkan Jaringan Nasional Volunteer Lansia Indonesia, memberikan pelatihan pertanian hydroponic yang dilaksanakan di Kota Semarang, Selasa (29/03/2022).

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, kepada pers usai acara MoU Dompet Dhuafa bersama Pesantren Lansia Raden Rahmat mengatakan jelang ramadan tahun ini akan menjadi kunci dalam meningkatkan peran lansia untuk berkolaboraksi bersama menciptakan pemberdayaan melalui kerelawanan. Dompet Dhuafa mengajak para lansia untuk bergabung melalui wadah Jaringan Nasional Volunteer Lansia Indonesia.

Menurutnya, acara yang digagas bersama Dompet Dhuafa, DD Volunteer, Dinas Sosial Jawa Tengah serta Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat berusaha tidak hanya memberdayakan lansia sebagai objek penerima manfaat, tetapi juga mendorong mereka untuk tetap berdaya dan bermanfaat bagi orang lain maupun sesama. 
 
“Kita meluncurkan jaringan nasional volunteer Lansia Indonesia, menggabungkan seluruh peggiat dengan tema lansia. Sehingga berada dalam satu jaringan bersama agar saling berbagai pengetahuan. Hal ini diwadahi dengan membuka kesempatan bagi para manula untuk menjadi relawan dan turut aktif dalam gerakan kebaikan di sekitar kita,” kata Bambang. 

Ia menyebut populasi lansia di Indonesia sangat besar. Apalagi ditambah dengan pra lansia maka nilainya hampir 50 persen populasi milenial. Namun isu lansia lebih sedikit daripada isu milenial. 

“Isu lansia kita ekspansi gagasannya, tidak sekedar orang tuanya lemah tidak berdaya. Namun isu lansianya lebih bagaimana menciptakan kebahagiaan dan memberdayakan. Tentu konsepnya tidak sama dengan usia milenial. Sehingga dalam prespektif tersebut kita gandeng pesantren lansia Raden Rahmat yang dikenal sampai luar negeri atau pesantren lansia lain yang dengan satu jaringan bisa saling berbagi informasi dibantu peran pemerintah,” jelas Bambang.

Adapun Direktur Pondok Pesantren Lansia Raden Rahmat ini sendiri Ustadz Solikhin menegaskan tempat yang dia kelola bukanlah panti jompo bagi lansia. Karena dalam hal pengelolaan ada tiga tagline yang digelorakan, yakni olah rogo, olah roso dan olah jiwo

“Olah rogo bagaimana raga dijaga supaya tidak menurun tetap sehat, olah jiwo yakni dimasa tuanya mendapatkan ketenangan dengan mengajak lansia mendekatkan diri pada sang Pencipta. Selanjutnya olah roso, walaupun lansia kita menganut preventif produktif. Sehingga lansia tidak menjadi beban. Caranya dengan mengajari mereka lebih produktif seperti membuat jahe instan, gula jahe, dan krupuk. Kita namakan ini Tiga Ranah, sama dengan Pondok Pesantren lain tapi ini lansia,” jelas Ustaz Solikhin.

Sementara Pekerja Sosial Ahli Muda Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia Dinsos Jateng, Heksa Sari Ratna Dewi mengapresiasi upaya Dompet Dhuafa bersama pesantren lansia, yang diharapkan bermuara pada kesejahteraan bagi lansia. 

“Dengan networking ini kita akan sangat terbantu. Tidak hanya pemerintah saja, melainkan banyak pihak memiliki pandangan yang sama untuk lebih memuliakan dan memebrdayakan para lansia. Apalagi dengan updating data yang dimiliki akan sangat membantu pemerintah lebih fokus pada pemberian bantuan kepada lansia itu sendiri,” kata Heksa.

Saat ini jumlah lansia di Jawa Tengah, lanjut Hexa, dari data Dinsos Jateng 2021, ada sekitar 91 ribu orang tersebar di Jateng. Jumlah ini tertinggi se Indonesia. 

Pada peluncuran Jaringan Nasional Volunteer Lansia Indonesia, para Lansia dibekali pelatihan hidroponik  sebagai upaya pemberdayaan lansia dan peluang bisnis lain bersama Dinas Pertanian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan menjadi Mitra Global Wimbledon

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:25 WIB

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan Menjadi Mitra Global Wimbledon untuk 4 Tahun Berturut-Turut

OPPO melanjutkan komitmen untuk menginspirasi pengguna globalnya, OPPO merayakan hari jadi Centre Court yang ke-100 dengan meluncurkan kampanye terbarunya bernama Inspiration Ahead. Center Court…

Ilustrasi perumahan MBR

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:54 WIB

Hingga Semester I Tahun 2022, Kementerian PUPR Telah Salurkan FLPP Untuk 99.557 Unit Rumah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap rumah layak huni dan terjangkau melalui bantuan pembiayaan…