Film Fenomenal The Survivor, Tayang 31 Maret 2022 di Bioskop

Oleh : Herry Barus | Senin, 28 Maret 2022 - 12:00 WIB

Film Fenomenal The Survivor
Film Fenomenal The Survivor

INDUSTRY.coJakarta- “Sumpah, film dengan surasi 120 menit ini membuat saya terus menangis, meneteskan air mata, sesenggukan selama 115 menit. Hanya 5 menit pertama saya tegar, selebihnya ……” Kang Maman Suherman.

Gala Premiere film Rio The Survivor yang diawali dengan Press Conference di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (26/3/2022), berlansung meriah. Kerinduan menonton film Indonesia berkualitas tergambar dari komentar para tokoh setelah menyaksikan film yang patut menjadi kebanggaan kita ini. Rio The Survivor adalah fim Indonesia yang telah mendapatkan 24 penghargaan dari berbagai Festival Film Internasional di banyak negara Eropa, Asia, Amerika, hingga Afrika.

Gala Premiere dihadiri oleh banyak public figure diantarnya Andy /rif, Jikun /rif, Donna Agnesia, Rebecca Reijman, Kang Maman Suherman, Mario Irwinsyah, Ratu Anandita, Kemal Palevi, Jean Girsang, Adib Hidayat, Widya Saputra, Hadi Skalie, Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, Ifan Ohsi, Giox Superglad, Sapto Haryo Rajasa, dan banyak lagi.

“Fenomenal! Film yang luar biasa. Selamat untuk semua yang terlibat di film Rio The Survivor,” ucap Donna Agnesia.

Andy /rif yang bersama band /rif terlibat di film untuk mengisi soundtrack film dengan lagu berjudul Malaikat Kecil juga mengutarakan kekagumannya. “Saya sangat senang bisa terlibat di film ini, apalagi filmnya ternyata luar biasa dan banyak mendapat penghargaan di luar negeri,” kata Andy /rif di sela-sela konferensi pers sebelum Gala Premiere.

“Film yang mudah dicerna, tetapi isinya luar biasa. Kalimat-kalimat di dalam film sangat dahsyat!” ujar Jikunn yang selain bersama /rif juga menyumbang soundtrack bersama band Jikunsparin.

“Setelah mendapat 24 penghargaan yakni 19 sebagai pemenang dan 5 sebagai finalis dan nominasi di berbagai Festival Film Internasional, hingga saat ini masih banyak festival film internasional yang mengundang Rio The Survivor untuk ikut serta di festival film mereka, tetapi kami tidak lagi tertarikmengikutinya karena konsentrasi kami sekarang adalah bagaimana Rio The Survivor dapat dditerima oleh masyarakat Indonesia,” ucap penulis skenario sekaligus sutradara Rio The Survivor, Yudie Oktav.

Perjalanan panjang film Rio The Survivor selama tiga tahun sejak diproduksi pada awal 2019, akhirnya bisa disaksikan masyarakat Indonesia mulai 31 Maret 2022 di bioskop. Rio The Survivor mengisahkan tentang perjuangan seorang anak untuk mendapatkan hak hidup dan pendidikan demi mengejar impian.

Kekuatan cerita Rio The Survivor yang terinspirasi dari kisah nyata dengan kemasan misi sosial dan banyak pesan moral membuat film ini mendapat banyak apresiasi di berbagai festival film internasional.

Festival film terbesar sekelas Cannes Film Festival, Prancis, pun memberi respek dan menerima sebagai peserta pada 2021 meski sebelumnya sempat ditolak karena persyaratan bahwa film yang telah meraih penghargaan di festival film lain tidak dapat masuk sebagai peserta di Festival De Cannes.

Akan tetapi, karena kekuatan misi dan cerita Rio The Survivor, film akhirnya diterima sebagai peserta Festival De Cannes dengan ada perubahan atau perbedaan dari film yang dikirim ke festival film lain.

Meski tidak masuk nominasi, tetapi tanggapan dari panitia Festival De Cannes hingga Directeur Departement des Films, Christian Jeune, langsung turun tangan untuk menangani Rio The Survivor memberi gambaran bahwa dunia perfilman internasional memberi hormat kapada Rio The Survivor.

Salah satu festival film terbesar di Afrika, Durban Festival Film Internasiona (DFFI)l, Afrika Selatan, yang usianya lebih tua dari Festival Film Indonesia pun memberi sambutan hangat kepada Rio The Survivor. Din festival film yang diikuti oleh total 3.000 film untuk semua kategori dan 300 film khusus untuk Feature Film dari berbagai negara, Rio The Survivor bahkan masuk nominasi sebagai Best Film. Selain itu, Rio The Survivor ditayangkan secara nasional oleh DFFI di Afrika Selatan. Itu merupakan penayangan perdana Rio The Survivor kepada masyarakat umum.

Di Best Istanbul Film Festival, Turki, yang juga diikuti oleh sekitar 3.000 film dari berbagai negara, Rio The Survivor bahkan sukses terpilih sebagai Best Film atau Film Terbaik. Di beberapa festival film internasional lainnya, Rio The Survivor, malah dinobatkan sebagai yang terbaik di beberapa kategori

Rio The Survivor merupakan film yang ditulis dan disutradarai oleh Yudie Oktav, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai jurnalis dan aktivis kemanusiaan bersama Yayasan Syair Untuk Sahabat atau Syair.org. Ketajaman sosok Yudie, yang tumbuh di dunia media, dalam melihat permasalahan sosial begitu terasa dalam alur cerita dan pengambilan gambar yang disajikan di Rio The Survivor bahwa itu adalah realita yang sering terjadi di lingkungan masyarakat kita.

Film Rio The Survivor melibatlkan Bambang Pamungkas, mantan bintang sepak bola tim nasionalm Indonesia, dan gitaris Slank, Ridho Hafiedz, yang bertindak sebagai music director. Sedangkan untuk soundtrack film melibatkan band legendaris Godbless, /rif, Buluk bersama band Kausa, dan Jikunsprain.

“Film ini memiliki pesan moral yang sangat luar biasa karena merupakan kisah nyata tentang diskriminasi yang terjadi pada anak-anak yang kurang beruntung di Indonesia. Ini sebuah fakta yang selama ini luput dari perhatian kita bahwa Indonesia ini yang kita banggakan dengan keberagamannya, dengan pluralismenya, ternyata masih ada diskriminasi terhadap anak-anak,” kata Bambang Pamungkas.

Selain mengangkat diskriminasi, Rio The Survivor adalah film tentang sepakbola karya dari Syair.org dan Citkart Production serta didukung oleh BRI yang juga sponsor utama kompetisi Liga 1 sepakbola nasional.

.id

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin