Sambut Ramadan 1443 H, Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebuireng Gelar ALS Untuk Masyarakat Sekitar & Sosialisasi RS Hasyim Asy'ari

Oleh : Hariyanto | Minggu, 27 Maret 2022 - 13:47 WIB

Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebuireng Gelar ALS
Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebuireng Gelar ALS

INDUSTRY.co.id - Jombang - Berkomitmen untuk mengembangkan aset wakaf secara produktif sehingga mampu memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat, pada Sabtu (26/03/2022). Dompet Dhuafa bersama Pondok Pesantren Tebuireng sambut Ramadan 1443 H mengadakan Sosialisasi dalam bentuk aksi layanan sehat (ALS) yang bertempat di RS Hasyim Asy'ari, Jombang,  Jawa Timur.

“Kami sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa atas adanya Aksi Layanan Sehat sebagai sosialisasi RS Hasyim Asy'ari. Ini merupakan langkah nyata sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat sekitar untuk lebih menjaga kesehatan. Semoga RS Hasyim Asyari cepat beroperasi dan bisa berkontribusi besar untuk masyarakat banyak,” ujar H. Lukman Hakim selaku Kepala Pondok Pesantren Tebuireng.

RS Hasyim Asy'ari merupakan pionir dalam pengelolaan aset wakaf secara produktif yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Pada Aksi Layanan Sehat (ALS), Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa yang menurukan Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Madiun memberikan pemeriksaan kesehatan meliputi, tensi darah, menimbang berat badan, cek gula darah, asam urat serta penyuluhan kesehatan juga digelar dengan mengusung tema yang sesuai dengan kondisi komunitas dan masyarakat di kawasan tersebut.

“Semoga RS ini, dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Dimana RS ini di inisiasi oleh Bapak Parni Hadi bersama almarhum Gus Solah yang merupakan teman baik. Saya sangat berterima kasih kepada Dompet Dhuafa atas progres RS ini.  Semoga RS ini menjadi amal kebaikan Alm. Gus Sholah yang sebelum meninggal beliau hanya melihat pondasi bangunan RS Hasyim Asy'ari," ucap Nyai HJ. Farida Salahuddin Wahid.

Pada Sosialisi Aksi Layanan Sehat tersebut turut hadir Nyai HJ. Farida Salahuddin Wahid selaku istri KH. salahuddin wahid, H. Lukman Hakim selaku kepala pondok pesantren tebuireng, Muhamad Zakaria selaku  Direktur DD Medika, Kholid Abdillah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur dan dr. Handayani Mkes. RS Hasyim Asy'ari merupakan salah satu bukti komitmen untuk mengembangkan aset wakaf produktif.

“Saya berterima kasih serta berapresiasi  kepada Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebuireng. ini awal yang baik dalam pelayanan kemasyarakatan apalagi menyambut Ramadan 1443 H, Ini merupakan kebersamaan. Insyallah Allah manfaatnya luar biasa,” tambah Sudiro Setiono selaku Camat Diwek.

Selain Pengecekan Kesehatan Gratis, Dompet Dhuafa juga mengajak para perwakilan Pewakif dan peserta sosialisasi ALS untuk mengunjungi setiap ruangan Rumah Sakit Hasyim Asy'ari. RS Hasyim Asy'ari Telah di bangun pada tanah seluas 1 hektare yang merupakan wakaf dari keluarga besar KH. Hasyim Asy'ari. Kehadiran RS Hasyim Asy'ari Dompet Dhuafa diharapkan dapat menyempurnakan lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng dalam menebar manfaat bagi masyarakat Jombang.

Aksi Layanan Sehat, Dompet Dhuafa bersinergi dengan beberapa tim medis seperti dari Puskesmas pesantren, hingga mahasiswa kedokteran di berbagai Universitas. Dompet Dhuafa melalui Divisi Kesehatan gencar melakukan Aksi Layanan Sehat (ALS) atau pelayanan kuratif untuk menjangkau dan memberikan kemudahan akses bagi komunitas-komunitas dan masyarakat yang tinggal di wilayah kantong-kantong kemiskinan, dan jauh dari akses fasilitas kesehatan.

“Semoga RS Hasyim Asyari bisa cepat beroperasi agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas Khususnya bagi masyarakat kabupaten Jombang. Serta berterimakasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama, berkolaborasi dan berkontribusi sehingga RS ini bisa terwujud. Kehadiran RS Hasyim Asy'ari Dompet Dhuafa diharapkan dapat menyempurnakan lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng dalam menebar manfaat kesehatab bagi masyarakat Jombang. Rumah Sakit ini akan melayani kebutuhan masyarakat, berlandaskan kesetaraan akses layanan kesehatan,” pungkas Muhamad Zakaria selaku  Direktur DD Medika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…