Mantap! Menteri Pembangunan Singapura Komitmen Bakal Bawa Banyak Investor ke KEK Kendal

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 Maret 2022 - 17:10 WIB

Menteri Pembangunan Negara Singapura, Desmond Lee saat mengunjungi KEK Kendal
Menteri Pembangunan Negara Singapura, Desmond Lee saat mengunjungi KEK Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal – Menteri Pembangunan Negara Singapura, Desmond Lee secara khusus mendatangi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal pada Kamis (24/3).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Desmond Lee didampingi oleh Duta Besar Singapura Anil Kumar Nayar, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Kenneth Wu dari Port Singapore Authority (PSA) dan Presiden Direktur KIK, Stanley Ang.

Ini merupakan kunjungan pertama bagi Desmond Lee ke Jawa Tengah untuk meninjau salah satu proyek bilateral Indonesia-Singapura yang telah beroperasi selama lima tahun, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Kendal (KEK Kendal). 

Desmond Lee mengatakan, ini merupakan salah satu contoh proyek bilateral yang sukses mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat. 

"Kami berharap, proyek bilateral ini dapat memberikan hasil dan manfaat bagi masyarakat luas. Dan Kami berharap kedepannya, KEK Kendal dapat semakin membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kendal dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," katanya.

Melihat kesuksesan proyek ini, Pemerintah Singapura berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap perkembangan KEK Kendal, salah satunya dengan memperkenalkan KEK Kendal kepada para pelaku industri di Singapura sehingga kedepannya akan lebih banyak investor asal Singapura yang berinvestasi di Kendal. 

Sementara itu, Kenneth Wu menambahkan, dukungan untuk industri dan ekosistem industri/supply chain dapat dilakukan oleh PSA dengan pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah. 

"Ini dapat direalisasikan dengan bekerja sama dengan partner local untuk pengembangan potensi daerah," terang Kenneth.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Kendal dapat menerima kunjungan dari Menteri Pembangunan Negara Singapura untuk pertama kalinya. 

Adapun menyambut harapan dari Menteri dan Dubes Singapura, Dico mengatakan kedepannya akan semakin memperluas penyerapan tenaga kerja untuk masyarakat Kabupaten Kendal. 

Dalam hal ini, dirinya akan berkoordinasi di antaranya dengan KEK Kendal, Pelaku Industri, Kementerian Perindustrian, Dinas dan juga lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan dan tenaga kerja. 

Lebih lanjut, Dico menyebut, pembangunan Kendal International Seaport adalah salahsatu agenda untuk percepatan pembangunan Kendal dan juga Jawa Tengah.

Presiden Direktur KEK Kendal, Stanley Ang juga menyampaikan, terimakasih kepada semua pemerintah terkait atas kontribusinya dalam perkembangan KEK Kendal.

Setelah mendatangi KEK Kendal, Desmond Lee bersama Dubes Singapura dan Bupati Kendal melanjutkan peninjauan ke PT. Eclat Textile International, yaitu perusahaan dari Taiwan yang bergerak di bidang sport apparel. 

Kemudian melanjutkan kunjungan ke Politeknik Industri Furnitur milik Kementerian Perindustrian yang berada di dalam Kawasan.

Seperti diketahui, KEK Kendal merupakan Kawasan Industri yang pada tahun 2016 diresmikan langsung oleh dua kepala negara, Presiden Joko Widodo dan PM Singapura, Lee Hsien loong.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga dibangun menggunakan produk green cement dari SIG.

Jumat, 14 Juni 2024 - 20:17 WIB

Bangun Ekosistem Berbasis Sinergi, SIG Ciptakan Peluang Pertumbuhan dan Perluasan Bisnis

Jakarta– Kondisi oversupply yang menjadi tantangan industri semen, tidak semata-mata menjadi tekanan, melainkan juga peluang. Dalam analyst meeting di Jakarta, 4 Juni 2024, PT Semen Indonesia…

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.