Mantap! Menteri Pembangunan Singapura Komitmen Bakal Bawa Banyak Investor ke KEK Kendal

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 Maret 2022 - 17:10 WIB

Menteri Pembangunan Negara Singapura, Desmond Lee saat mengunjungi KEK Kendal
Menteri Pembangunan Negara Singapura, Desmond Lee saat mengunjungi KEK Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal – Menteri Pembangunan Negara Singapura, Desmond Lee secara khusus mendatangi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal pada Kamis (24/3).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Desmond Lee didampingi oleh Duta Besar Singapura Anil Kumar Nayar, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Kenneth Wu dari Port Singapore Authority (PSA) dan Presiden Direktur KIK, Stanley Ang.

Ini merupakan kunjungan pertama bagi Desmond Lee ke Jawa Tengah untuk meninjau salah satu proyek bilateral Indonesia-Singapura yang telah beroperasi selama lima tahun, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Kendal (KEK Kendal). 

Desmond Lee mengatakan, ini merupakan salah satu contoh proyek bilateral yang sukses mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat. 

"Kami berharap, proyek bilateral ini dapat memberikan hasil dan manfaat bagi masyarakat luas. Dan Kami berharap kedepannya, KEK Kendal dapat semakin membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kendal dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," katanya.

Melihat kesuksesan proyek ini, Pemerintah Singapura berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap perkembangan KEK Kendal, salah satunya dengan memperkenalkan KEK Kendal kepada para pelaku industri di Singapura sehingga kedepannya akan lebih banyak investor asal Singapura yang berinvestasi di Kendal. 

Sementara itu, Kenneth Wu menambahkan, dukungan untuk industri dan ekosistem industri/supply chain dapat dilakukan oleh PSA dengan pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah. 

"Ini dapat direalisasikan dengan bekerja sama dengan partner local untuk pengembangan potensi daerah," terang Kenneth.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Kendal dapat menerima kunjungan dari Menteri Pembangunan Negara Singapura untuk pertama kalinya. 

Adapun menyambut harapan dari Menteri dan Dubes Singapura, Dico mengatakan kedepannya akan semakin memperluas penyerapan tenaga kerja untuk masyarakat Kabupaten Kendal. 

Dalam hal ini, dirinya akan berkoordinasi di antaranya dengan KEK Kendal, Pelaku Industri, Kementerian Perindustrian, Dinas dan juga lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan dan tenaga kerja. 

Lebih lanjut, Dico menyebut, pembangunan Kendal International Seaport adalah salahsatu agenda untuk percepatan pembangunan Kendal dan juga Jawa Tengah.

Presiden Direktur KEK Kendal, Stanley Ang juga menyampaikan, terimakasih kepada semua pemerintah terkait atas kontribusinya dalam perkembangan KEK Kendal.

Setelah mendatangi KEK Kendal, Desmond Lee bersama Dubes Singapura dan Bupati Kendal melanjutkan peninjauan ke PT. Eclat Textile International, yaitu perusahaan dari Taiwan yang bergerak di bidang sport apparel. 

Kemudian melanjutkan kunjungan ke Politeknik Industri Furnitur milik Kementerian Perindustrian yang berada di dalam Kawasan.

Seperti diketahui, KEK Kendal merupakan Kawasan Industri yang pada tahun 2016 diresmikan langsung oleh dua kepala negara, Presiden Joko Widodo dan PM Singapura, Lee Hsien loong.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

President University Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…