Kabar Emiten! Perkuat Portofolio, Kobex Kembali Lakukan Diversifikasi Produk

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 20 Maret 2022 - 11:25 WIB

Kobex Kini Memasarkan Mesin Konstruksi Jalan Dynapac & Doosan Portable Power
Kobex Kini Memasarkan Mesin Konstruksi Jalan Dynapac & Doosan Portable Power

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX), penyedia alat berat terintegrasi, memperkuat portofolio pendapatan melalui penambahan lini baru produk di sektor konstruksi. KOBEX telah merampungkan perjanjian keagenan distribusi dengan Dynapac Asia Pacific untuk memasarkan, melakukan jasa perbaikan, dan menyediakan suku cadang produk alat berat segmen mesin konstruksi jalan Dynapac.

KOBEX kini memasarkan seluruh produk Dynapac yang dimiliki oleh Fayat Grup, baik itu mesin untuk pekerjaan Compaction (single drum vibratory rollers, double drum vibratory rollers, combi roller, steel drum roller, pneumatic roller, dan tamping roller), Paving (mini pavers, compact pavers, commercial pavers, city pavers, highway pavers, mobile feeder, dan screeds), maupun Compact Equipment (rammers, forward plates, reversible plates, walk-behind rollers, utility roller, dan mix spreader).

Selain menyediakan full fleet untuk mesin konstruksi jalan, KOBEX juga masuk ke segmen power management untuk mendukung pekerjaan di lokasi tambang maupun konstruksi. Lini produk tersebut diwakili oleh Doosan Portable Power yang terdiri dari portable air compressors, generator (genset), lighting system, dan power modules. Produk-produk tersebut ditujukan untuk mendukung pekerjaan di lokasi pertambangan maupun proyek yang membutuhkan mesin penyedia listrik (generator/ genset), kompresor udara, dan sistem lampu penerangan.

“KOBEX berkomitmen untuk terus meningkatkan bisnis secara berkelanjutan. Termasuk melakukan diversifikasi produk untuk memperkuat dan menyeimbangkan komposisi pendapatan yang bersumber dari pertambangan dan non-pertambangan.” papar Andry B. Limawan, Direktur Utama PT Kobexindo Tractors Tbk.

Dynapac merupakan salah satu brand global terdepan yang memproduksi alat berat mesin pembuatan jalan berkualitas. Sehingga dengan menjadi agen penjual serta penyedia jasa dan suku cadang produk Dynapac, KOBEX menargetkan agar dapat berpartisipasi dalam membangun jaringan jalan raya dan tol berkualitas di Indonesia.

Sektor konstruksi, khususnya dalam pembangunan infrastruktur jalan raya dan tol, dinilai sangat berpotensi. Penilaian tersebut didasari oleh data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan yang menyampaikan bahwa kebutuhan anggaran sektor jalan dan jembatan dari tahun 2020 hingga 2024 tercatat sebesar Rp573 triliun.

Tidak hanya pembangunan jalan raya dan tol baru saja, pemerintah pusat maupun daerah juga secara berkala melakukan pemeliharaan serta peningkatan kualitas jalan nasional dan daerah. Bahkan, sebelumnya pemerintah telah menargetkan untuk memiliki 5.000 km tol pada tahun 2024.

Potensi tersebut juga bertambah dari pihak swasta, seperti pengembang besar berskala kota maupun kontraktor umum. Terlebih lagi bagi para kontraktor pekerjaan infrastruktur pembuatan jalan di lokasi-lokasi proyek, seperti kawasan industri yang kini semakin marak.

“Saat ini kami secara paralel telah menawarkan produk-produk tersebut melalui anak usaha kami, PT Kobexindo Konstruksi Indonesia. Minat atas produk baru yang kami tawarkan positif dan kami telah mengantongi beberapa pernyataan minat dari calon konsumen.” Andry menjelaskan.

Perluas Jaringan

Saat ini KOBEX memiliki 1 kantor pusat di Jakarta, 1 kantor pusat pelayanan di Bekasi, dan 13 kantor cabang  berlokasi di Jakarta, Medan, Batam, Lahat, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Batu Licin, Tarakan, Balikpapan, Makassar, Samarinda, dan yang terbaru di Cilegon.

Pembukaan cabang baru di Cilegon, Banten merupakan salah satu upaya KOBEX untuk terus meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan atas produk-produk yang ditawarkan. Cabang baru ini melayani jasa penjualan, jasa perbaikan, dan penjualan suku cadang (sales, service, and sparepart/3S).

“Hadirnya cabang terbaru kami akan menjamin kecepatan penanganan dan kualitas layanan paska jual serta kesediaan suku cadang bagi pelanggan. Terlebih di sekitar daerah ini banyak terdapat kawasan industri dan pergudangan yang menjadi salah satu segmen pasar produk kami.” ungkap Andry.

Masuknya lini produk baru dan peningkatan jangkauan pelayanan melalui pembukaan kantor cabang, diharapkan dapat menopang kinerja di masa mendatang. Perseroan menargetkan segmen non tambang terus bertumbuh dan memberikan keseimbangan pendapatan antara tambang dan non tambang.

“Saat ini non tambang berkontribusi sekitar 20-25% dan akan meningkat dalam jangka menengah hingga mencapai 30% terhadap pendapatan konsolidasi. Sehingga pada akhirnya memberikan nilai lebih (value added) kepada stakeholder, terutama para pemegang saham.” jelas Andry.

PT Kobexindo Tractors Tbk berdiri sejak 2002 dan pada 5 Juli 2012 melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten “KOBX”. Perseroan merupakan mitra dan distributor alat berat merek HYUNDAI DOOSAN Excavator, DOOSAN Forklift, DOOSAN Portable Power (Korea Selatan), NHL TEREX Truck (Tiongkok), MERCEDES-BENZ Commercial Vehicles, JUNGHEINRICH Material Handling Equipment, HAKO Group Cleaning Technology (Jerman), DYNAPAC Compaction Equipment (Swedia), MACRO Street Sweeper (Itali), dan RITE-HITE Equipments (Amerika Serikat). KOBX saat ini memiliki 13 kantor cabang di kota-kota besar Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…

Distribusi obat-obatan ke wilayah terdampak PMK

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:10 WIB

Kementan Perbanyak Distribusi Obat-Obatan ke 19 Provinsi Terdampak PMK

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mendistribusikan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…