Anak Usaha ABM Investama Luncurkan OHT Body 'Optiload' untuk Operasional Pertambangan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Maret 2022 - 10:59 WIB

OHT Body 'Optiload'
OHT Body 'Optiload'

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Berbekal pengalaman serta kemampuan lebih dari 44 tahun di bidang rekayasa teknik dan manufaktur, PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM) merilis produk terbarunya di kelas OHT Body/Dump Body bernama Optiload.

Diperkenalkan secara online lewat acara bertajuk 'Virtual Product Showcase: Optiload", SSB memperkenalkan Optiload sebagai jawaban atas sejumlah masalah di lini operasional pelanggan seperti peningkatan produktivitas pertambangan, ketersediaan unit, serta efektivitas waktu pengiriman unit.

Direktur PT SSB Johan Budisusetija menjelaskan, hadirnya produk terbaru dari SSB ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan SSB dalam meningkatkan produktivitas pelanggan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kehadiran Optiload memang ditujukan untuk para perusahaan tambang khususnya mining contractor yang memang kerap mengalami kesulitan dalam memaksimalkan potensi operasional di pertambangan. Kami berharap produk kami dapat menjadi solusi operasional pertambangan, dan menjadi komoditas baru di industri OHT Body dan OHT Truck," kata Johan yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (18/3/2022).

Unit OHT Body Optiload terbaru ini tersedia dalam beberapa kapasitas muatan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, mulai dari kapasitas 40 m3, 70 m3, 95 m3, hingga 124 m3. Secara umum Optiload produksi SSB mampu memberikan efisiensi dari berbagai aspek. Baik dari sisi design, kapasitas, bobot body, biaya perawatan, hingga konsumsi bahan bakar.

Sebagai contoh, pengaplikasian unit Optiload kapasitas 70 m3 pada unit CAT777D/E dapat meningkatkan volume kapasitas sebesar 16%, penurunan bobot body hingga 20%, serta peningkatan target payload material hingga 10 Ton.

Meningkatnya kapasitas body, target payload, serta tidak adanya carryback atau material yang tertinggal tentu akan mempengaruhi proses operasional menjadi lebih efektif, sehingga Optiload mampu mengurangi konsumsi bahan bakar unit truck pada saat beroperasi.

Sebagai bagian dari komitmen menjaga kualitas produk, SSB juga memastikan seluruh proses pembuatan Optiload telah melewati serangkaian uji validasi ketat, demi memastikan tidak adanya permasalahan pada saat digunakan.

"Dalam proses pengembangannya produk Optiload ini telah melewati uji validasi design untuk memastikan kekuatan strukturnya dan telah melewati uji operasional bersama sister company kami PT Cipta Kridatama (CK)," sambung Johan.

Dalam perjalanannya SSB telah memproduksi unit body lebih dari 500 unit. Untuk Optiload sendiri, saat ini telah berhasil mendapat perhatian dari para pelanggan, ini ditandai dengan mulai masuknya pemesanan unit Optiload dari beberapa pelanggan mining contractor.

Acara peluncuran produk Optiload ini merupakan acara Virtual Showcase pembuka dari serangkaian Virtual Event lainnya yang mencakup capabilities SSB, baik itu product, project, maupun services.

Pada pelaksanaannya acara ini ini turut dihadiri oleh sejumlah pelanggan SSB antara lain, PT Tambang Raya Usaha Tama, PT Karunia Armada Indonesia, PT Madhani Talatah Nusantara, PT Saptaindra Sejati, serta sederet perusahaan lainnya yang bergerak di Industri pertambangan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama SSB juga memperkenalkan beberapa produk terbaru lainnya yang bisa didapatkan pelanggan antara lain; Dump Body ukuran 40-47 m3 untuk Medium Truck 8x4, Ejector Trailer ukuran 45 m3, Bucket berkapasitas 18 m3 untuk kelas Excavator 300 Ton yang berfungsi untuk menggali material di area pertambangan.

“Dalam kegiatan tersebut SSB juga memberikan sejumlah penawaran menarik yang tentunya menjadi pembeda sekaligus benefit yang bisa didapatkan oleh para customer bila membeli unit Optiload. Seperti misalnya kesempatan Trial to Purchase unit Optiload, After Sales Package, serta jaminan Ready Stock Unit dengan beberapa ketentuan.” tutup Johan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.