Anak Usaha ABM Investama Luncurkan OHT Body 'Optiload' untuk Operasional Pertambangan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Maret 2022 - 10:59 WIB

OHT Body 'Optiload'
OHT Body 'Optiload'

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Berbekal pengalaman serta kemampuan lebih dari 44 tahun di bidang rekayasa teknik dan manufaktur, PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM) merilis produk terbarunya di kelas OHT Body/Dump Body bernama Optiload.

Diperkenalkan secara online lewat acara bertajuk 'Virtual Product Showcase: Optiload", SSB memperkenalkan Optiload sebagai jawaban atas sejumlah masalah di lini operasional pelanggan seperti peningkatan produktivitas pertambangan, ketersediaan unit, serta efektivitas waktu pengiriman unit.

Direktur PT SSB Johan Budisusetija menjelaskan, hadirnya produk terbaru dari SSB ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan SSB dalam meningkatkan produktivitas pelanggan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kehadiran Optiload memang ditujukan untuk para perusahaan tambang khususnya mining contractor yang memang kerap mengalami kesulitan dalam memaksimalkan potensi operasional di pertambangan. Kami berharap produk kami dapat menjadi solusi operasional pertambangan, dan menjadi komoditas baru di industri OHT Body dan OHT Truck," kata Johan yqng dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (18/3/2022).

Unit OHT Body Optiload terbaru ini tersedia dalam beberapa kapasitas muatan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, mulai dari kapasitas 40 m3, 70 m3, 95 m3, hingga 124 m3. Secara umum Optiload produksi SSB mampu memberikan efisiensi dari berbagai aspek. Baik dari sisi design, kapasitas, bobot body, biaya perawatan, hingga konsumsi bahan bakar.

Sebagai contoh, pengaplikasian unit Optiload kapasitas 70 m3 pada unit CAT777D/E dapat meningkatkan volume kapasitas sebesar 16%, penurunan bobot body hingga 20%, serta peningkatan target payload material hingga 10 Ton.

Meningkatnya kapasitas body, target payload, serta tidak adanya carryback atau material yang tertinggal tentu akan mempengaruhi proses operasional menjadi lebih efektif, sehingga Optiload mampu mengurangi konsumsi bahan bakar unit truck pada saat beroperasi.

Sebagai bagian dari komitmen menjaga kualitas produk, SSB juga memastikan seluruh proses pembuatan Optiload telah melewati serangkaian uji validasi ketat, demi memastikan tidak adanya permasalahan pada saat digunakan.

"Dalam proses pengembangannya produk Optiload ini telah melewati uji validasi design untuk memastikan kekuatan strukturnya dan telah melewati uji operasional bersama sister company kami PT Cipta Kridatama (CK)," sambung Johan.

Dalam perjalanannya SSB telah memproduksi unit body lebih dari 500 unit. Untuk Optiload sendiri, saat ini telah berhasil mendapat perhatian dari para pelanggan, ini ditandai dengan mulai masuknya pemesanan unit Optiload dari beberapa pelanggan mining contractor.

Acara peluncuran produk Optiload ini merupakan acara Virtual Showcase pembuka dari serangkaian Virtual Event lainnya yang mencakup capabilities SSB, baik itu product, project, maupun services.

Pada pelaksanaannya acara ini ini turut dihadiri oleh sejumlah pelanggan SSB antara lain, PT Tambang Raya Usaha Tama, PT Karunia Armada Indonesia, PT Madhani Talatah Nusantara, PT Saptaindra Sejati, serta sederet perusahaan lainnya yang bergerak di Industri pertambangan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama SSB juga memperkenalkan beberapa produk terbaru lainnya yang bisa didapatkan pelanggan antara lain; Dump Body ukuran 40-47 m3 untuk Medium Truck 8x4, Ejector Trailer ukuran 45 m3, Bucket berkapasitas 18 m3 untuk kelas Excavator 300 Ton yang berfungsi untuk menggali material di area pertambangan.

“Dalam kegiatan tersebut SSB juga memberikan sejumlah penawaran menarik yang tentunya menjadi pembeda sekaligus benefit yang bisa didapatkan oleh para customer bila membeli unit Optiload. Seperti misalnya kesempatan Trial to Purchase unit Optiload, After Sales Package, serta jaminan Ready Stock Unit dengan beberapa ketentuan.” tutup Johan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…