Kembali Teruji Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Maret 2022 - 07:38 WIB

Menhan Prabowo dan Kasad Dudung Abdurachman
Menhan Prabowo dan Kasad Dudung Abdurachman

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Lebih dari setahun terakhir, tingkat keterpilihan Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, cenderung stabil berada di posisi teratas dalam berbagai hasil survei sejumlah lembaga.

Ini setidaknya tecermin dalam hasil penelitian teranyar dan dipublikasikan Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

Isinya, sebanyak 27,2% responden memilih Prabowo, sedangkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang merupakan pesaing terdekatnya, masing-masing meraup 16,3% dan 15,6%.

Peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto, menilai, sedikitnya ada tiga faktor yang membuat elektabilitas Prabowo cenderung stabil di papan atas.

Pertama, publik menganggap Menteri Pertahanan (Menhan) itu sebagai pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki kinerja terbaik.

“Sebagaimana telah dirilis oleh berbagai lembaga riset, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, adalah menteri dengan kinerja terbaik di atas menteri-menteri lain yang kinerjanya juga baik”.

“Seperti Sandiaga Uno, Sri Mulyani, Nadiem Makarim, dan Erick Thohir,” tuturnya dalam paparan hasil survei LSJ secara daring, Senin 14 Maret 2022. Seperti informasi yangb beredar dari Wartawan Jakarta.

Faktor kedua, sambung Fetra, publik menilai Prabowo sebagai salah satu tokoh nasional yang mampu menyelesaikan berbagai masalah nasional pasca-kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Tingkat keyakinan publik terhadap kapabilitas Prabowo Subianto melebihi tokoh-tokoh nasional lainnya.”

Terakhir, satu-satunya kompetitor terberat Prabowo adalah Jokowi. Sementara itu, Jokowi, tidak memungkinan untuk kembali maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lantaran telah dua kali berturut-turut memenangi kontestasi.

“Sebab itu, Prabowo Subianto menjadi satu-satunya harapan publik untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029,” tandas Fetra.

Survei ini dilaksanakan LSJ pada 18-28 Februari 2022 dengan melibatkan 1.225 responden, yang telah memiliki hak suara, di 34 provinsi se-Indonesia.

Pengambilan sampel menggunakan teknik acak bertingkat (multistage random sampling) dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

Adapun rerata simpangan (margin of error) dari hasil penelitian tersebut sekitar 2,8%. Adapun tingkat kepercayaannya (level of confidence) sebesar 95%. (*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…