Jababeka - Pemkab Morotai Sepakat Jalin Kerja Sama Tingkatkan Sektor Pariwisata

Oleh : Ridwan | Sabtu, 05 Maret 2022 - 19:20 WIB

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)
Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai menjalin kerja sama untuk meningkatkan sektor pariwisata di Pulau Morotai- Provinsi Maluku Utara. 

Dalam upaya kerja sama tersebut, PT Jababeka Tbk bersama Pemkab Morotai melakukan kegiatan seminar bimbingan teknis pemasaran dan marketing dengan tema "Morotai 2030 Daloha dan Kreatif." 

Adapun acara diselenggarakan di Kantor Bupati Morotai, pada Sabtu (05/02) lalu, dengan menghadirkan pakar pemasaran Prof. Hermawan Kartajaya selaku pemateri dan dihadiri oleh jajaran pejabat Pemkab Morotai. Mulai dari eselon 2, 3, dan 4 serta para ASN di lingkup Pemkab Morotai.

Dalam seminar tersebut, Hermawan memaparkan bahwa Pulau Morotai memiliki banyak keunikan di sektor pariwisata berupa peninggalan Perang Dunia II. Di samping itu, Pulau Morotai juga memiliki sektor perikanan dan pertanian karena memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah.

Menurut Hermawan, untuk bisa memanfaatkan potensi-potensi tersebut, Pemkab Morotai perlu bekerjasama dengan berbagai investor. Salah satunya PT Jababeka Tbk yang merupakan induk usaha dari Jababeka Morotai yang merupakan pengelola dan pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Morotai. 

Dengan membuka pintu sebesar-besarnya untuk para investor, Hermawan yakin sektor pariwisata Pulau Morotai bisa meningkat.

Kemudian dalam seminar tersebut, Hermawan menjelaskan juga mengenai cara melakukan strategi melakukan pemasaran secara digital yang efektif dan tepat sasaran. Hal itu karena saat ini sudah memasuki era digital dan tidak ada cara lain menghadapi kondisi tersebut dengan beradaptasi. Promosi wisata saat ini perlu dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu promosi digital dan konvensional.

Lebih jauh, Hermawan berharap peserta mengikuti kegiatan Bimtek dapat mengubah mindset atau pola berpikir, profesionalitas, leadership dan mampu menjalankan tata kelola pariwisata yang baik. 

"Karena dengan inilah kita bisa bersaing dengan daerah lain," ungkap Hermawan.

Sementara itu, M Umar Ali selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai mengatakan pemerintah akan terus berkomunikasi dan membangun kerjasama dengan PT Jababeka Tbk lebih baik. Tujuannya agar konsep pariwisata dan perikanan yang ingin dikembangkan Pulau Morotai ke depan berjalan dengan baik.
 
Ia juga berharap peserta kegiatan bimtek ini mendapatkan manfaat sehingga ada perubahan dalam menjalan kegiatan di masing-masing wilayah.

Menanggapi hal tersebut, Basuri Tjahaja Purnama selaku Direktur Utama PT Jababeka Morotai, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu terkait peningkatan sektor pariwisata. 

"Apakah untuk pemulihan sektor pariwisata yang terdampak pandemi atau pengembangan pariwisata jangka panjang," tutup Basuri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…