Perhatian! Wisatawan yang Belum Divaksin Dilarang Masuk Borobudur

Oleh : Hariyanto | Selasa, 22 Februari 2022 - 11:26 WIB

Candi Borobudur
Candi Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meski pandemi, Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, masih buka untuk wisata dengan protokol kesehatan ketat. Namun selama PPKM level 3, anak usia di bawah 12 tahun yang belum vaksin tidak boleh berwisata di Candi Borobudur.

Aturan ini berlaku sejak wilayah Kabupaten Magelang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada awal pekan ini hingga 21 Februari 2022.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto, mengonfirmasi hal itu. Ia mengatakan, pihak pengelola Candi Borobudur melakukan sejumlah pengetatan pada aturan prokes yang telah disyaratkan seiring dengan PPKM level 3.

"Untuk anak-anak yang belum vaksin, kalau kemarin boleh didampingi, untuk level 3 kami harap anak-anak yang belum vaksin tidak masuk dulu," kata Aryono dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (22/2/2022).

 Diketahui sebelum PPKM level 3, anak di bawah 12 tahun yang belum vaksin boleh masuk ke Candi Borobudur dengan didampingi orangtua yang sudah divaksinasi. Kini, syarat utama untuk berkunjung ke Candi Borobudur adalah harus sudah divaksin.

"Harapan kita, semua yang berkunjung sudah vaksin tahap satu dan dua. Kalau untuk anak sekolah, baik SD maupun SMP, minimal sudah sekali vaksin," lanjut Aryono.

Aryono menambahkan, pengaruh akibat diberlakukannya PPKM level 3 dan aturan baru ini terlihat dari penurunan tingkat kunjungan pada akhir pekan kemarin.

"Terlihat adanya tekanan pada tingkat kunjungan, yang biasanya hari Sabtu di angka 3.000 orang, kemarin hanya di angka 2.000 saja," terang Aryono.

Menurutnya, penurunan ini juga disebabkan oleh penerapan PPKM level 3 di berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah. Sehingga, jumlah wisatawan yang banyak berasal dari daerah-daerah tersebut juga berkurang.

Sebagai informasi, pemerintah kembali memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 21 Februari 2022. Total terdapat sembilan daerah di Provinsi Jawa Tengah yang menerapkan PPKM Level 3.

Kesembilan daerah tersebut adalah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pati, Kabupaten Magelang, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kota Magelang, dan Kabupaten Banjarnegara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…

Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:35 WIB

Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba Berkualitas

Menghadapi moment Idul Adha 2022 ini, Dompet Dhuafa Jawa Tengah telah menyiapkan 1.713 domba berkualitas untuk Program Tebar Hewan Kurban hal ini dijabarkan pada saat Konferensi Pers Kamis,…