Ini 5 Tips Sukses dalam Bekerja Magang

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 11 Juni 2017 - 11:55 WIB

Ilustrasi Pengusaha Sukses
Ilustrasi Pengusaha Sukses

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebagai mahasiswa mungkin mengalami beberapa kendala dalam masa perkuliahannya seperti, bekerja magang. Di bangku perkuliahan pasti setidaknya harus mengikuti proses bekerja magang. Salah satu manfaat utama dari pekerjaan magang adalah bahwa pekerjaan ini memberikan Anda pengalaman kerja.

Lebih dan lebih banyak lagi perekrut ingin karyawan baru dengan pengalaman kerja dalam industry atau pekerjaan terkait yang ingin Anda dapatkan. Dari bekerja magang tersebut, Anda mendapatkan pemahaman yang tak ternilai tentang bisnis dan industry dimana Anda ingin bekerja setelah Anda lulus nanti. Bekerja magang juga membantu menumbuhkan kepercayaan diri , membangun jaringan professional atau bahkan menjadikan Anda langsung akan direkrut tepat setelah Anda lulus dari perguruan tinggi.

Melansir dari jobstreet.com, Minggu (11/6/2017) berikut adalah lima tips yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan magang yang Anda impikan:

1. Pahami Diri Anda Sendiri

Mengasumsikan bahwa ini adalah pencarian pekerjaan magang pertama Anda, hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah untuk benar-benar memahami beberapa hal terlebih dahulu. Tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan ini;  
1. Apa yang benar-benar saya inginkan dari pekerjaan magang ini dan organisasi di mana saya akan bekerja?
2. Apa jenis pekerjaan  atau industry yang sebaiknya saya masuki?
3  Apa yang saya inginkan/ butuhkan untuk belajar dari pekerjaan magang ini? (Anda harus benar-benar berpikir menyeluruh tentang alasan mengapa Anda menginginkan suatu pekerjaan magang dan apa yang Anda secara pribadi ingin dapatkan dari pekerjaan tersebut).
4. Kapan tepatnya saya perlu memulai dan mengakhiri pekerjaan magang ini? Berapa lama sebaiknya pekerjaan magang saya berlangsung? (Biasanya 3 bulan tetapi semakin lama semakin baik untuk membuktikan nilai Anda).
5. Berapa lamakah saya rela pulang pergi setiap hari dari dan ke tempat kerja? Apa sajakah kebutuhan finansial saya?
6. Apakah saya bersedia untuk keluar negeri untuk mengejar pekerjaan magang tersebut?

Jika Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda akan mampu mempersempit pilihan perusahaan yang Anda ingin masuki. Jawaban-jawaban ini akan hanya berguna selama wawancara pekerjaan Anda.  
 
2. Lihat ke Segala Arah

Anda bisa meminta bantuan dari orang-orang terdekat, atau bisa berkonsultasi dengan dosen atau teman atau orang tua Anda. Jangan membatasi diri Anda sendiri hanya pada satu pekerjaan.
 
Tetaplah berpikiran terbuka, terutama terhadap perusahaan, lokasi, dan industry. Anda mungkin berakhir dengan menemukan hasrat Anda di sebuah tempat yang tak pernah Anda bayangkan.

3.  Buatlah resume Anda Menarik

Buatlah resume Anda singkat dan padat, disarankan dua  halaman. Anda bisa menulis resume Anda dengan hal-hal yang menarik. Poleslah cover letter Anda dengan detil–detil yang akan membuat Anda sebagai pilihan yang baik dan alasan Anda memilih perusahaan ini untuk suatu pekerjaan magang.

4. Kirimkan Lamaran Lebih Awal

Kebanyakan perusahaan mempunyai batas waktu untuk lamaran pekerjaan magang yang seringkali berbulan-bulan sebelum dimulainya pekerjaan magang itu sendiri. Terlewat batas waktu aplikasi magang yang Anda benar-benar inginkan bisa mengacaukan situasi dan akan menyisihkan Anda bahkan sebelum Anda berkesempatan untuk melamar pekerjaan itu.

Jika pekerjaan magang yang Anda lamar adalah persyaratan dari fakultas Anda, mungkin akan ada banyak laporan yang harus dikumpulkan. Anda ingin memberikan diri Anda, fakultas, dan organisasi yang Anda lamar waktu yang cukup untuk memproses setiap dokumen.

Bahkan jika Anda tidak melewatkan batas waktu apapun, Anda tetap tidak mau keseluruhan proses menjadi tergesa-gesa. Hal ini tidak hanya membuat Anda berantakan, hal ini juga meningkatkan  kemungkinan akan kehilangan dokumen dan berkas yang dibutuhkan atau mengirimkan dokumen yang salah tanpa mempunyai waktu yang cukup untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

5. Mengesankan dalam Wawancara

Sehari sebelum wawancanara, Anda bisa browsing tentang perusahaan Anda, temukan nilai-nilai dan kelemahan mereka. Gunakanlah referensi untuk nilai-nilai tersebut dalam wawancara Anda. Terdapat banyak pertanyaan standard yang cenderung untuk ditanyakan dan bagaimana Anda menjawabnya itulah hal yang penting.

Atau, sehari sebelumnya, Anda bisa meminta tolong kepada teman atau orang tua Anda untuk membantu Anda berbicara di depan umum.

Ingat! ketika mencari pekerjaan magang, ingatlah bahwa tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai memikirkan karir Anda, dan bahwa pengalaman apapun membantu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…