Kemenperin Proyeksi Industri Tekstil Akan Tumbuh Melesat di Kuartal III-2022

Oleh : Ridwan | Sabtu, 19 Februari 2022 - 12:05 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksi industri tekstil atau industri bahan baku garmen akan tumbuh berfluktuatif.

Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Elis Masitoh mengatakan, pertumbuhan terbesar industri tekstil akan terjadi pada kuartal III-2022 sebesar 5,88% secara tahunan, sedangkan terendah adalah pada kuartal IV-2022 yang susut 1,02%.

Lebih lanjut, Elis mengungkapkan, pertumbuhan industri tekstil akan tinggi sejak Juli 2022 untuk memenuhi permintaan industri garmen dalam menghadapi pasar Ramdhan 2023.

Sebagai informasi, masing-masing rantai pasok setidaknya membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk memenuhi permintaan konsumennya masing-masing.

Bulan Ramadan pada 2023 dan 2024 akan berada di kuartal I masing-masing tahun. Dengan demikian, industri garmen akan memiliki dua lonjakan permintaan pada 2023.

"Semoga daya beli dan pandemi telah usai (pada 2023), dan ekonomi sudah benar-benar pulih," terang Elis di Jakarta (18/2).

Sebelumnya, Elis mendata rata-rata utilisasi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) sepanjang 2021 adalah 60%. Namun demikian, pada akhir 2021 telah menyentuh level 75% untuk industri hulu dan antara, sedangkan utilisasi industri garmen di posisi 85%.

"Rata-rata (utilisasi 2021) 60% karena pada awal kuartal III-2021, Pulau Jawa dan Bali PPKM level 3 dan 4. Hanya (industri TPT) berorientasi ekspor yang bisa produksi, itu pun hanya 50% (dari total kapasitas terpasang), untuk orientasi domestik sama sekali tidak bisa berproduksi," kata Elis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Asal Prefektur Aichi Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di Indonesia

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah

Senin, 27 Juni 2022 - 17:35 WIB

Kementerian PUPR Tingkatkan Kinerja Dukungan Manajemen Dengan Teknologi Informasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik,…