Dahsyat! Emiten KOBX Bukukan Pertumbuhan Penjualan Alat Berat Sebesar 365%

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 16 Februari 2022 - 13:39 WIB

Kinerja 2021 dapat Mencapai Pencapaian Terbaik dalam 3 Tahun Terakhir
Kinerja 2021 dapat Mencapai Pencapaian Terbaik dalam 3 Tahun Terakhir

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi sepanjang tahun 2021 berhasil membukukan kinerja positif. Hal tersebut diindikasikan oleh kinerja segmen penjualan alat berat pertambangan yang merupakan kontributor utama penjualan Perseroan.

Berdasarkan perhitungan sementara (unaudited), penjualan unit alat berat pertambangan secara nilai berhasil tumbuh signifikan di kisaran 365%, kenaikan tersebut setara pertumbuhan penjualan kuantiti unit dikisaran 428%.

“Dampak dari lonjakan harga batubara yang disertai oleh keterbatasan produksi tambang paska pandemi menjadi katalis pertumbuhan penjualan di 2021.” Papar Andry B. Limawan Direktur Utama PT Kobexindo Tractors Tbk.

Lonjakan pertumbuhan tersebut mendorong pertumbuhan kinerja sepanjang 2021 dan berpeluang menjadi pencapaian pendapatan tertinggi dalam 3  tahun terakhir.

Perseroan menilai, potensi pertumbuhan segmen alat berat masih akan berlanjut di tahun 2022.

“KOBEX menilai tantangan bagi produsen dan distributor alat berat pada 2022 adalah keterbatasan produksi alat berat yang diakibatkan oleh penyumbatan logistik yang sedang dihadapi seluruh dunia. Meningkatnya permintaan alat berat secara global menambah panjang antrian pembeli. Berdasarkan kondisi diatas, perusahaan masih memiliki carry over pesanan 2021 yang dijadwalkan terkirim di 2022.” Jelas Andry B. Limawan.

KOBEX akan terus berinovasi dan bersinergi dengan memaksimalkan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang demi menciptakan nilai guna pertumbuhan yang berlanjutan dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

PT Kobexindo Tractors Tbk per Februari 2022 memperkenalkan logo dan tagline baru. Rebranding ini merupakan upaya Perseroan untuk pembaruan indentitas agar mendapat semangat dan wajah baru yang lebih segar dan elegan.

Logo baru tersebut merupakan evolusi dari lambang sebelumnya yang melambangkan 3 pilar utama KOBEX yakni Perusahaan (Company), Pelanggan (Costumers) dan Prinsipal (Principal).

“Mengawali tahun 2022, KOBEX memperkenalkan logo dan tagline baru. Ini merupakan milestone, untuk terus memperbaharui semangat seluruh jajaran manajemen dan karyawan KOBEX guna mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami berharap, semua komponen baik itu perusahaan, konsumen maupun pihak principal saling membutuhkan, mendukung dan saling menguntungkan bersama.” Papar Andry B. Limawan Direktur Utama PT Kobexindo Tractors Tbk.

PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) berdiri sejak 2002 dan pada 5 Juli 2012 melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten KOBX. Perseroan adalah - mitra dan distributor alat berat merk DOOSAN Excavator, Doosan Forklift (Korea Selatan), NHL TEREX Truck  (China), JUNGHEINRICH Material Handling Equipment, HAKO Group Cleaning Technology, Mercedez-Benz Commercial Vehicles (Germany), MACRO Street Sweeper (Italy) dan Rite- Hite Equipments (USA). KOBX saat ini memiliki 12 kantor cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…