ITDC dan MGPA: Mandalika MotoGP Official Test 2022 Siap Digelar

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Februari 2022 - 10:40 WIB

Kedatangan logistik di Mandalika
Kedatangan logistik di Mandalika

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group menyatakan Mandalika MotoGP Official Test siap digelar di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, NTB, 11-13 Februari 2022.

Kesiapan ini ditunjukkan dengan persiapan yang telah dilakukan terdiri dari kesiapan sarana prasarana Sirkuit, kesiapan SDM lokal, hingga kedatangan logistik, tim official dan kru balap.

Kesiapan sarana dan prasarana terdiri dari telah selesainya pembenahan pada saluran air atau drainase di area Sirkuit, pemasangan tire barriers tambahan, penyiapan area Paddock yakni pembangunan Team’s Office, penambahan garasi dan penempatan logistik, serta pemasangan pagar permanen.

Sebanyak 338 orang marshal, yang sebagian besar berasal dari putra daerah, juga telah tersedia dan siap bertugas pada Official Ttest yang berlangsung mulai besok.

Seluruh marshal ini telah mendapatkan pelatihan secara intensif yang dilaksanakan di bawah koordinasi Ikatan Motor Indonesia (IMI). Di samping itu, ITDC Group juga telah menempatkan petugas lapangan yang bertugas sebagai panitia, petugas Sirkuit, petugas keamanan, hingga kebersihan.

Mandalika MotoGP Official Test di Pertamina Mandalika Circuit sendiri terdiri dari sesi tes dan latihan selama tiga hari. Seluruh pembalap ini akan mengikuti Mandalika MotoGP Official Test yang dijadwalkan mulai pukul 09.00 – 17.00 WITA untuk sesi tes, kemudian akan dilanjutkan dengan sesi latihan oleh para pembalap selama 15 menit hingga pukul 17.15 WITA.

“Alhamdulillah, semua persiapan telah kami lakukan dengan baik sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal. Kami terus berkoordinasi secara rutin, khususnya bersama Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan IMI untuk kesiapan Race Operation, serta pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten untuk kesiapan penunjang lainnya.” kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria yang dikutip INDUSTRY.co.id,  Senin (14/2/2022).

“Kami telah menerima kedatangan para pembalap bersama seluruh kru di The Mandalika. Seluruh proses ini kami siapkan dengan skema bubble yang kami koordinasikan bersama Kementerian Kesehatan melalui tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam menekan kemungkinan transmisi COVID-19 di tengah persiapan dan penyelenggaraan perhelatan event balap internasional di Pertamina Mandalika Circuit.” kata Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo.

“Dan kami optimistis keberhasilan kami dalam mencegah munculnya cluster COVID-19 saat WSBK tahun lalu dapat kami wujudkan kembali. Dengan melihatsemua persiapan yang telah dilakukan, kami menyatakan, Bismillah, kami telah siap menggelar Mandalika MotoGP Official Test,” tutup Arie.

Sebagai informasi, logistik pembalap juga sudah mulai berdatangan sejak Senin (7/2/2022) lalu di Pertamina Mandalika Circuit.

Bersamaan dengan itu, tim official Dorna Sports, FIM, kru dan pembalap secara berangsur-angsur telah berdatangan sejak tanggal 7 Februari 2022. Seluruh pembalap MotoGP sejumlah 24 orang dipastikan mengikuti Mandalika MotoGP Official Test.

Sementara kebijakan skema travel bubble yang diterapkan berarti bahwa seluruh tim balap dan official akan berkegiatan pada wilayah yang dibatasi dengan durasi waktu yang ditentukan. Para pembalap beserta kru juga akan menjalankan tes PCR 2x24 jam secara berkala sebelum diputuskan dapat berkegiatan di area Sirkuit atau tidak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.