Setelah Nonton Film Kukira Kau Rumah Coach Rheo Ajak Penonton Netralkan Beban Emosi Penyebab Bipolar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 02 Februari 2022 - 12:00 WIB

Coach Rheo (Pakai Jaket Putih)
Coach Rheo (Pakai Jaket Putih)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bipolar adalah penyakit jangka panjang dan terjadi episodik dengan berbagai derajat kasus. Penyakit ini dapat mengancam jiwa karena pasiennya berisiko melakukan bunuh diri.

Ini antara lain benang merah cerita fim ‘Kukira Kau Rumah’ produksi Sinemaku Picture dan MD Picture, yang disutradarai Umay Shahab.

“Bipolar adalah efek jangka panjang karena seseorang menimbun beban emosi terlalu lama tanpa tahu cara menetralkannya,” ujar Pakar Kenetralan Mental (P.Kn.M), Coach Rheo, kepada wartawan di acara Gala Premiere Film ‘Kukira Kau Rumah,’ di Studio XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin malam (31/01/2022).

Beban emosi penyebab Bipolar, papar Coach Rheo, bisa muncul dari berbagai kasus. Dapat menimpa siapa saja, dan kapan saja. “Jika terlambat ditangani bisa menjadi beban berkepanjangan. Dapat menimbulkan gangguan jiwa ringan sampai berat,” terang terapis yang dijuluki seorang Mind Technology Expert ini.

Pandemi Covid-19, ujar Coach Rheo, juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya tingkat depresi masyarakat, dan timbulnya gangguan Bipolar.

Banyak orang menjadi lebih cemas selama Covid-19. Hal ini mengakibatkan banyak permasalahan yang menjadi beban mental masyarakat.

Tahun 2022 ini pandemi Covid-19 secara faktual masih terjadi dengan merebaknya virus varian baru Omicron.

“Sejak pandemi Covid-19 muncul tingkat kebangkrutan masyarakat cukup tinggi. PHK di mana-mana. Membuat tidak hanya pengusaha mengalami tekanan stress, tapi juga keluarga para pekerja,” ungkapnya.

Hal ini menimbulkan permasalahan beban di keluarga. Membuat banyak orang kehilangan pegangan. Tingkat perceraian semakin tinggi karena alasan ekonomi, dan menjadi persoalan sosial global yang dialami di Indonesia.

"Jika stress atau trauma hanya dikendalikan dan berlangsung dalam waktu lama, seorang mengalami transisi, dan dapat mengalami gangguan Bipolar," ungkapnya.

Coach Rheo berhasil menciptakan sistem pendekatan baru yang disebutnya; DOA-TRTO (Divine Oracular Assistance - Tension Releasing Therapy Online). Sistem ini terbukti berhasil membantu mengatasi trauma dan stress dalam waktu relatif cepat. Tidak seperti proses pemulihan pada umumnya yang membutuhkan waktu lama.

 

“Banyak orang menghabiskan waktu panjang melewati beban mental berat. Habis uang, habis waktu, dan habis kesabaran. Belum lagi gangguan kesehatan yang disebabkan ketergantungan pada obat-obatan,” ujarnya prihatin.

Sebaliknya dengan metode DOA-TRTO, kata dia, dapat memberi hasil signifikan bagi para korban trauma dalam waktu relatif singkat. Tanpa obat, dan memberi hasil permanen.

“Saya banyak menetralkan beban emosi yang ektrim dirasakan klien. Beberapa diantaranya didiagnosa mengalami Bipolar secara klinis kemudian dapat sembuh,” terangnya.

Belum lama ini, kata dia, ada seorang anak dari pasangan ibu penyanyi dan ayah seorang penulis lagu yang sangat terkenal karyanya mengalami gangguan Bipolar sudah 10 tahun.

“Ia sudah pergi ke berbagai tempat berobat, tetapi tidak merasakan perubahan yang signifikan. Selalu mengandalkan obat. Namun ketika kami tangani dalam satu sesi saja, beban emosinya bisa dinetralkan. Setelah itu dia bisa tertawa lepas. Bahkan begitu sesi selesai ia menjadi pribadi lebih periang,” kata Coach Rheo.

Dengan sistem DOA-TRTO, ujar Coach Rheo, beban psikologi bisa dinetralkan dengan membuang beban emosi keluar dari tubuh.

“Sehingga pasien tidak perlu seumur hidup melayani persoalan beban emosi Bipolar,” ujar terapis yang mendapat pengakuan sebagai Certified Trainer Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) Level 6 Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia ini.

Terkait film ‘Kukira Kau Rumah,’ yang ditontonnya, Coach Rheo menyambut baik film bertema psikologi ini. Selain refreshing, kata dia, menonton film ini juga bisa menambah wawasan tentang dunia psikologi.

Film ‘Kukira Kau Rumah’ dibintangi Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, Raim Laode, Unique Priscilla,  Kiki Narendra, dan beberapa pemain lainnya.

“Saya sudah menonton ratusan film. Saya pribadi sangat mencintai dunia perfilman. Genre film yang saya suka adalah tema-tema sci-fi movies; apokaliptik, seperti Meteor Jatuh, Zombie, Monster maupun film Superhero, semacam Marvel dan DC,” ujar seniman multi talenta ini.

Perjalanan Hidupnya yang Unik

Coach Rheo juga berkeinginan menginvestasikan asetnya di industri perfilman. Coach Rheo mengharapkan dukungan doa, suatu saat ia ingin membuat film yang bercerita tentang dirinya.

Perjalanan hidupnya sangat unik, menarik, dan inspiratif. Dari zaman jadi kurir antar barang, office boy, kasir salon, tukang sulap, badut kostum, breakdancer, model, trainee boyband Dino Raturandang (Producer Cherrybelle), hingga menjadi pengusaha.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…