Nyatakan Bakal Terus Monitor Pabrik Gula Rafinasi di Tanah Air, Kemenperin: Negara Tujuan Ekspor Sudah Terbuka

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 22 Januari 2022 - 20:17 WIB

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika
Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pelaku industri untuk melakukan percepatan transformasi digital guna meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan nilai tambah sehingga bisa lebih berdaya saing global.  
 
Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika menyampaikan, pihaknya akan terus memonitor perkembangan pabrik gula rafinasi di tanah air seiring dengan kebutuhan Gula Kristal Rafinasi (GKR) di pasar domestik yang kian meningkat, mengingat sektor industri pengguna GKR mulai bergeliat dan aktivitas perekonomian nasional semakin pulih setelah terkena imbas pandemi Covid-19.
 
“Potensi industri gula rafinasi untuk orientasi pasar ekspor semakin meningkat. Oleh karena itu, keberadaannya perlu dioptimalkan melalui peningkatan utilisasi untuk mendorong ekspor hasil produksi nasional. Negara tujuan ekspor gula kristal rafinasi yang sudah terbuka antara lain Vietnam, Myanmar, Filipina, Timor Leste, Qatar, Singapura, dan Mongolia,” ungkap Putu pada Musyawarah Nasional Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) ke-VIII di Jakarta, Kamis (20/1/2022) lalu. 
 
Kemenperin memberikan apresiasi kepada AGRI yang selama ini telah berkontribusi dalam penyediaan gula kristal rafinasi untuk memenuhi kebutuhan industri makanan, minuman, dan farmasi di dalam negeri dan pemenuhan pasar ekspor. 

“Kami pun berharap kepada AGRI agar dapat terus berkontribusi pada pengembangan industri gula nasional serta menghasilkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat konsumen di Indonesia dalam memproduksi gula yang berkualitas, harga terjangkau dan pasokan gula yang cukup,” imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:35 WIB

Berakhir 31 Mei 2022, Menperin Agus: Pengusaha Dapat Ajukan Dana Pembiayaan Migor Curah ke BPDPKS

Dalam rangka penyediaan minyak goreng (migor) curah dan optimalisasi pendistribusiannya untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil, pemerintah mengubah aturan penyediaan minyak…

Masjidil Haram, Masjid di Mekkah, Arab Saudi (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:15 WIB

Ini Solusi Menparekraf agar Arab Saudi Izinkan Kembali Warganya Berkunjung ke Indonesia

Pemerintah Arab Saudi melalui pengumuman resmi Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) Saudi pada akhir pekan lalu mengumumkan larangan bepergian bagi warganya ke 16 negara termasuk Indonesia terkait…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Pusat Happy Harinto mematangkan persiapan penyelenggaraan…