6 Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik yang Tepat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 22 Januari 2022 - 12:39 WIB

Ilustrasi aplikasi Jurnal.id
Ilustrasi aplikasi Jurnal.id

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dengan hadirnya software akuntansi terbaik, dapat membuat pembukuan dan laporan keuangan menjadi lebih mudah dan tertata. Namun, untuk mendapatkan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan itu merupakan suatu tantangan tersendiri. 

Sebab, sebagai pemilik bisnis harus lebih berhati-hati dalam memilih dan menentukan jenis aplikasi apa yang akan digunakan. Tambah lagi perhitungan adalah hal yang sangat krusial untuk melihat kondisi kesehatan keuangan suatu perusahaan. Itu lah mengapa dalam perhitungan sangat dibutuhkan keakuratan dan ketelitian dengan proses yang lebih singkat hingga efisien. 
Oleh karena itu, untuk mendapatkannya perusahaan membutuhkan sebuah software akuntansi yang mumpuni akan hal ini. Ini bertujuan untuk menghindari masalah yang dapat menjalar terhadap strategi perusahaan selanjutnya. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk memilih software akuntansi untuk bisnis? Berikut ini beberapa kriteria singkat yang dapat bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan ketika hendak memilih software akuntansi terbaik.
1. Keamanan Data
Dalam situasi seperti ini, masih banyak juga lho pebisnis yang masih menggunakan metode akuntansi tradisional hanya karena meyakini laporan dan pembukuan keuangan akan aman tersimpan. Melainkan, pada saat sekarang ini bahwa software online adalah solusi yang sangat tepat bagi pemilik bisnis agar dapat mengakses semua data dimanapun dan kapanpun. Bahkan dapat memantaunya secara realtime. 
Selain itu, sebagai pemilik bisnis tidak perlu risau dan khawatir karena software akuntansi sudah dibekali sistem untuk mampu menyimpan, melindungi, serta mengelola data perusahaan dengan aman tentunya. Namun, sebelum itu ada baiknya diskusikan dan pertanyakan kembali mengenai sistem keamanan software tersebut pada penyedia jasa. Sebab, keamanan data merupakan hal yang penting dan krusial bagi perusahaan sendiri. Apabila terdapat software akuntansi yang mampu menyimpan data dengan aman, maka software tersebut sudah memiliki nilai tambah tersendiri.
2. Mudah Dioperasikan
Karena kebanyakan pemilik bisnis atau karyawan yang dipekerjakan bukan dari latar belakang akuntansi, maka sangat perlu untuk memilih software akuntansi terbaikyang dapat dengan mudah dipahami dan mudah dioperasikan oleh penggunanya. Pilihlah aplikasi yang memiliki user interface yang cukup simpel dan efisien. Hal ini bertujuan agar software akuntansi tersebut akan lebih mudah dioperasikan oleh karyawan atau pemilik bisnis itu sendiri. 
Nah, jika sudah menggunakan software yang user friendly, maka akan semakin mudah pula untuk digunakan nantinya. Sehingga, pemilik bisnis dapat menghemat biaya operasional dalam hal pelatihan. Serta, tujuan dan rencana dari bisnis akan semakin mudah dicapai dalam waktu yang cepat.
3.Memiliki Fitur yang Lengkap
Sebelum memilih software akuntansi terbaik, ada baiknya sudah menentukannya sesuai dengan jenis dan kebutuhan bisnis. Lalu, pastikan juga bahwa sudah memiliki fitur yang lengkap. Mulai dari dapat digunakan untuk pekerjaan yang simple hingga kompleks sekalipun. Berikut ini beberapa fitur yang harus ada dalam software akuntansi terbaik:
Membuat faktur berulang
Perhitungan otomatis
Memonitor saldo pelanggan
Update laporan terakhir
Melacak penjualan produk
Mengelola pelanggan dan pemasok
Mengelola aset
Perhitungan laporan keuangan lengkap seperti neraca keuangan, laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas dan rekonsiliasi bank
Mencocokkan transaksi secara otomatis
Melakukan audit atas data yang telah dimasukkan
Berbasis cloud
4. Adanya Customer Support
Walaupun software akuntansi yang dipilih termasuk canggih dan terbaik di kelasnya. Pasti ada masanya akan mengalami masalah dan kendala. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pastikanlah bahwa software akuntansi yang dipilih sudah didukung customer support atau belum. Ini akan membantu ketika ada pertanyaan dan masalah yang harus diselesaikan nantinya. 
Lalu, dari customer support ini lah pemilik bisnis dapat menguji baik atau tidaknya layanan yang akan diberikan kepada para konsumen. Perhatikan dengan seksama bagaimana cara mereka merespon dan menawarkan bantuan yang diminta. Jika pelayanan diberikan sangat baik dan ramah, maka software akuntansi tersebut mendapatkan nilai lebih di mata konsumen.
5. Perhatikan Harga dan Biaya Tambahan Lainnya
Jika memilih untuk menggunakan software akuntansi dengan harga yang tinggi, maka akan semakin baik pula kinerja dan performa yang akan dimiliki. Walaupun begitu, tak perlu risau karena sudah banyak beberapa jasa yang dapat menawarkan harga yang murah namun dengan kualitas yang baik pula. 
Untuk itu, pastikan kembali jenis usaha dan budget yang dimiliki serta software akuntansi apa yang akan dibutuhkan. Ini bertujuan agar perusahaan tidak mengeluarkan biaya yang besar namun banyak fitur yang tidak berguna atau tidak dapat digunakan untuk kepentingan bisnis nantinya.
6. Dapat Dikostumisasi
Apabila jasa penyedia memberikan layanan berupa dapat dikostumisasi, maka bisa menjadi pilihan. Sebab, ini dapat berguna apabila untuk kebutuhan bisnis itu sendiri nantinya. Karena dunia bisnis terus bergerak, maka software akuntansi juga harus mampu berkembang dan mengimbangi strategi yang terbaru pula.
Memilih software akuntansi terbaik yang akan digunakan bukanlah perkara mudah. Sebab, dalam urusan laporan dan pembukuan dibutuhkan ketelitian dalam perhitungan. Apabila terjadi kesalahan dalam perhitungan, maka akan memberikan dampak yang signifikan bagi kelangsungan bisnis tersebut. 
Namun, jika sudah mendapatkan software akuntansi terbaik yang tepat, maka laporan dan pembukuan keuangan akan selesai dengan hasil yang tepat tanpa adanya kesalahan. Bahkan, data transaksi dapat dipantau secara real time oleh pemilik bisnis tanpa harus hadir.
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik
Salah satu software akuntansi terbaik yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Proses akuntansi juga dapat Anda lakukan dengan aman, cepat dan mudah. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:
Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
Cash link.
Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
Manajemen Stok
Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media Gathering PT Kimia Farma Tbk dan hadir direksi yang paparkan produksi obat

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:26 WIB

Kimia Farma Optimis Ada Perbaikan Kinerja di Kuartal III 2022

PT Kimia Farma TBK (KAEF) mengungkapkan kinerja yang turun pada semester I 2022 bukanlah hal yang penting karena itu sifatnya sementara.

DR. Basuki Ranto

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:22 WIB

Terjadi Over Supply And Demand Listrik, Bagaimana Solusinya?

Jakarta-PT PLN dihadapkan kepaada sebuah masalah yang terkait dengan distribusi listrik yang ketersediiannya melebihi permintaan, sehingga terjadi ketimpangan untuk mendiatribusikan.

Operasi Pasar Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang digelar di Pasar Induk Beras Cipinang. (Senin, 3-10-2022).

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:15 WIB

Food Station Operasi Pasar Turunkan Harga Beras, Warga Bahagia

Jakarta - Food Station sebagai BUMD pangan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga stabilisasi dan ketersediaan harga beras medium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, bekerjasama…

Ilustrasi minyak sawit

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:04 WIB

Antisipasi Resesi, Ekonom Sarankan Regulasi Pro Komoditas Ekspor

Jakarta-Kalangan Ekonom meminta pemerintah untuk mengantisipasi dampak resesi global melalui kebijakan yang pro komoditas.

Foto Doc Golkar

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:42 WIB

Pengamat: Pengumuman Capres Diharapkan Bisa Kerek Elektabilitas Parpol

Jakarta- Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat capres diyakini bakal kerek elekabilitas partai politik.