Kejar Efisiensi Biaya, Restoran Indonesia Ramai-ramai Lakukan Digitalisasi Sistem Pengadaan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 11:09 WIB

Ilustrasi Pengunjung restoran di Mal (ist)
Ilustrasi Pengunjung restoran di Mal (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Digitalisasi menjadi pilihan mutlak bagi industri makanan dan minuman (mamin) untuk bertahan ditengah dampak pandemi Covid-19. Sejak Agustus 2021-Januari 2022, terdapat 27 brand restoran Indonesia yang mencakup 1,335 outlet, sedang mendigitalisasi sistem pengadaan, manajemen inventaris dan seluruh backend operations melalui Food Market Hub.

Salah satu bisnis restoran pengguna layanan Food Market Hub, Roti Ropi mengatakan, sebelum menggunakan Food Market Hub, kerap terjadi kendala dalam komunikasi dan operasi antara dapur pusat dan outlet yang tersebar, lantaran proses operasional masih manual.

“Platform FMH telah mengurangi pekerjaan pengadaan kami dengan membuat proses dari manual menjadi otomatis. Ini sangat membantu kami mengeliminasi human error dan mengurangi pemborosan karena perhitungan yang otomatis,” ujar Pendiri dan CEO Roti Ropi, Ahmad Reza yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (21/1/2022).

Sistem pengadaan terdigitalisasi ini dikembangkan oleh Food Market Hub, perusahaan teknologi asal Malaysia penyedia solusi pengadaan dan inventaris berbasis cloud bagi bisnis mamin.

Selain Roti Ropi, 26 bisnis restoran lainnya yang saat ini sedang beralih ke sistem dan ekosistem procurement digital Food Market Hub, antara lain Tahooe, dan Wanfan.

Country Head Food Market Hub Indonesia, CP Lim, melihat pesatnya pertumbuhan pengguna aktif platform Food Market Hub menandakan bahwa pemilik bisnis restoran terus berinovasi dengan proses digitalisasi bisnis.

Salah satunya adalah dengan cara menggunakan sistem manajemen dan otomatisasi pengadaan serta inventaris barang untuk dapat meningkatkan efisiensi biaya dan tetap bertumbuh di masa pandemi ini.

"FMH ke depan akan terus mengembangkan beragam solusi terbaru dalam rangka memajukan sektor mamin di Indonesia. Tentu kami sangat berterima kasih atas dukungan pengguna dan mitra FMH atas kolaborasi yang terjalin selama ini,” ucap CP.

Food Market Hub ekspansi ke Indonesia setelah mendapat kucuran dana sebesar USD 8,5 juta atau setara Rp 121 miliar. Dana segar tersebut diperuntukkan memperkuat tim di Indonesia, melakukan penetrasi pasar serta mengedukasi pelaku bisnis restoran dan kafe.

Adapun jumlah karyawan Food Market Hub saat ini berjumlah 18 orang, dari sebelumnya hanya empat pegawai. Selain Indonesia, Food Market Hub sudah terlebih dulu menjejakkan kakinya di Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Taiwan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…