Kejar Efisiensi Biaya, Restoran Indonesia Ramai-ramai Lakukan Digitalisasi Sistem Pengadaan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 11:09 WIB

Ilustrasi Pengunjung restoran di Mal (ist)
Ilustrasi Pengunjung restoran di Mal (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Digitalisasi menjadi pilihan mutlak bagi industri makanan dan minuman (mamin) untuk bertahan ditengah dampak pandemi Covid-19. Sejak Agustus 2021-Januari 2022, terdapat 27 brand restoran Indonesia yang mencakup 1,335 outlet, sedang mendigitalisasi sistem pengadaan, manajemen inventaris dan seluruh backend operations melalui Food Market Hub.

Salah satu bisnis restoran pengguna layanan Food Market Hub, Roti Ropi mengatakan, sebelum menggunakan Food Market Hub, kerap terjadi kendala dalam komunikasi dan operasi antara dapur pusat dan outlet yang tersebar, lantaran proses operasional masih manual.

“Platform FMH telah mengurangi pekerjaan pengadaan kami dengan membuat proses dari manual menjadi otomatis. Ini sangat membantu kami mengeliminasi human error dan mengurangi pemborosan karena perhitungan yang otomatis,” ujar Pendiri dan CEO Roti Ropi, Ahmad Reza yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (21/1/2022).

Sistem pengadaan terdigitalisasi ini dikembangkan oleh Food Market Hub, perusahaan teknologi asal Malaysia penyedia solusi pengadaan dan inventaris berbasis cloud bagi bisnis mamin.

Selain Roti Ropi, 26 bisnis restoran lainnya yang saat ini sedang beralih ke sistem dan ekosistem procurement digital Food Market Hub, antara lain Tahooe, dan Wanfan.

Country Head Food Market Hub Indonesia, CP Lim, melihat pesatnya pertumbuhan pengguna aktif platform Food Market Hub menandakan bahwa pemilik bisnis restoran terus berinovasi dengan proses digitalisasi bisnis.

Salah satunya adalah dengan cara menggunakan sistem manajemen dan otomatisasi pengadaan serta inventaris barang untuk dapat meningkatkan efisiensi biaya dan tetap bertumbuh di masa pandemi ini.

"FMH ke depan akan terus mengembangkan beragam solusi terbaru dalam rangka memajukan sektor mamin di Indonesia. Tentu kami sangat berterima kasih atas dukungan pengguna dan mitra FMH atas kolaborasi yang terjalin selama ini,” ucap CP.

Food Market Hub ekspansi ke Indonesia setelah mendapat kucuran dana sebesar USD 8,5 juta atau setara Rp 121 miliar. Dana segar tersebut diperuntukkan memperkuat tim di Indonesia, melakukan penetrasi pasar serta mengedukasi pelaku bisnis restoran dan kafe.

Adapun jumlah karyawan Food Market Hub saat ini berjumlah 18 orang, dari sebelumnya hanya empat pegawai. Selain Indonesia, Food Market Hub sudah terlebih dulu menjejakkan kakinya di Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Taiwan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:30 WIB

Menteri PUPR Basuki : Nilai - Nilai Pelatihan Bela Negara Implementasikan Dalam Tugas Pembangunan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara Batch 1 bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun…

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 03:00 WIB

PBB Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada…