Sarinah Berperan Sebagai Lokomotif Penggerak UMKM

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 Januari 2022 - 19:25 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir bersama jajaran PT Sarinah
Menteri BUMN Erick Thohir bersama jajaran PT Sarinah

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Menteri Erick Thohir hadir untuk berbincang-bincang bersama insan Sarinah serta mitra usahanya. Kehadiran Menteri Erick selain meninjau progres pemugaran gedung Sarinah Thamrin, juga dimaksudkan untuk memberi insight kepada Sarinah dan mitranya mengenai ekosistem ritel yang sedang dibangun BUMN, dimana Sarinah berperan sebagai lokomotif penggerak UMKM dan brand lokal.

“Sarinah dengan 4 BUMN lainnya yang bergabung dengan Holding PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) berkolaborasi membentuk ekosistem pariwisata yang terintegrasi. Dengan terjadinya kolaborasi BUMN, maka terjadi cross selling dan kolaborasi end-to-end dalam bisnis pariwisata,” jelas Menteri Erick.

Menteri Erick melanjutkan bahwa Sarinah akan sering hadir pada pameran-pameran internasional. Sarinah menjadi kunjungan wajib wisatawan asing baik sebagai tamu dan delegasi acara internasional dimana Indonesia menjadi tuan rumah, para ekspatriat, serta organisasi international.

Sarinah juga memiliki banyak ruang terbuka hijau untuk menyikapi ritel paska pandemi dan mendukung protokol kesehatan. Dengan konsep urban forest, Sarinah memiliki ambiance yang santai dan harapannya menjadi tempat hits baru di jantung Ibu Kota.

“Sarinah yang mengambil konsep Community Mall menjadi wadah kolaborasi untuk berbagai komunitas, terutama komunitas kreatif. Sarinah sebagai heritage atau warisan budaya juga memiliki Cultural Zone dan Galeri Sarinah sebagai wadah seniman berkarya,” ujar Fetty Kwartati Direktur Utama PT Sarinah. Fetty melanjutkan bahwa Sarinah menjadi panggung bagi seniman dan menyediakan tempat bagi komunitas kreatif untuk berkarya sebagai bentuk Sarinah mengapresiasi karya seni dan budaya.

Sarinah dapat menjadi wadah untuk MICE eksklusif dan menjadi tempat menjamu tamu-tamu negara, maupun ibu kota. Sebagai pintu gerbang dan ibu kota negara, para kreator dan UMKM daerah dapat bergantian memamerkan dan menjual produk mereka di Sarinah, misalnya melalui Pekan Produk Nusantara dan komunitas hobi.

Keunikan Sarinah selanjutnya adalah umurnya yang sudah cukup lama eksis, Sarinah menjadi tempat kunjung lintas generasi karena produk dan layanan yang disajikan cocok bagi mereka. Sarinah yang disajikan untuk antar generasi, maka Sarinah akan terus relevan dengan market masa kini dan terus berinovasi hingga market masa depan.

Pada kesempatan ini pula, Dony Oskaria Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengungkapkan bahwa kedepannya Sarinah akan menjadi operator ritel terbesar dan hub UMKM di Indonesia.

"Seluruh ritel BUMN ke depannya akan dioperasikan oleh Sarinah, artinya kesempatan untuk bekerjasama tidak hanya secara fisik di Mall Sarinah saja, tapi juga bisa merambah ke bandara-bandara di Indonesia, mall-mall lain yang juga dikelola oleh BUMN, dan sebagainya. Tidak hanya itu, InJourney melalui Sarinah akan terus mendorong produk-produk baru dan membangkitkan brand-brand lokal Indonesia untuk terus berekspansi dan bersaing secara global," ujar Dony.

Dengan acara hari ini, harapannya mitra Sarinah dan para tenant bersama-sama bergandeng tangan menyambut masa depan dan potensi bisnis yang lebih menjanjikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 03:00 WIB

PBB Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada…

Pergantian Komisaris Independen SUCOFINDO- Zainal Abidin

Kamis, 26 Mei 2022 - 00:02 WIB

Zainal Abidin Diangkat Jadi Komisaris Independen Sucofindo

Jakarta– Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT SUCOFINDO mengambil keputusan untuk mengangkat Zainal Abidin sebagai Komisaris Independen PT SUCOFINDO menggantikan Achmad Sudrajat,…

Woo Yeul Lee sebagai Direktur Utama KB Bukopin

Rabu, 25 Mei 2022 - 22:22 WIB

Woo Yeul Lee Ditetapkan Direktur Utama KB Bukopin yang Baru

PT Bank KB Bukopin Tbk menetapkan Woo Yeul Lee sebagai Direktur Utama KB Bukopin yang baru.