Simak! Ini Penyebab Harga Token Naik 25%, Sementara Bitcoin Terpukul

Oleh : Ridwan | Minggu, 16 Januari 2022 - 15:30 WIB

Bitcoin
Bitcoin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Aset kripto atau token kini mengalami penurunan harga, termasuk harga Bitcoin yang sedang terpukul. Namun, dua diantaranya, harga Tojen Near dan harga token Cosmos (ATOM) justru naik.

Harga near dan Cosmos hampir dua kali lipat dalam sebulan terakhir di tengah meningkatnya minat pada blockchain lapisan 1 mereka. Layer 1 mengacu pada platform blockchain seperti Ethereum atau Avalanche di mana pengembang dapat menyebarkan aplikasi atau layanan.

NEAR membukukan keuntungan sebanyak 25% dari posisi terendah. Laporan dari Electric Capital dikutip dari website berita Coindesk, Protokol tersebut mendapat dukungan di kalangan investor sebagai game layer 1 dan merupakan ekosistem kripto terbesar ketiga berdasarkan aktivitas pengembang.

ATOM menambahkan sebanyak 8% menjadi lebih dari $39,33 dalam 24 jam terakhir sebelum aksi jual singkat membuatnya kehilangan 35 sen. Harga Atom Cosmos serendah $32 pada Senin malam.

Token diperdagangkan di sekitar level resistensi yang berubah menjadi dukungan $37 pada saat penulisan, dengan zona pembelian yang menonjol hingga level $30 jika tindakan harga historis dipertimbangkan.

Develooper Crypto Asaf Naim mengatakan, blockchain yang lebih baru menciptakan jalan untuk pengembangan protokol baru, yang berkontribusi pada daya tarik mereka di antara investor.

“Jika Cosmos menjadi kompatibel dengan EVM, ini adalah berita bagus untuk ruang DeFi karena perusahaan akan dapat memperluas jangkauan dapps [aplikasi terdesentralisasi] mereka ke jaringan baru dan mengembangkan jaringan baru di atasnya juga,” kata Asaf Naim, salah satu pendiri dari aplikasi manajemen kripto Kirobo, dikutip dari Coindesk (15/1)

EVM adalah singkatan dari Ethereum Virtual Machine, bagian dari Ethereum yang menjalankan aturan blockchain dan memastikan transaksi yang diajukan atau kontrak pintar mengikutinya.

Blockchain Layer 1 seperti Avalanche, Terra dan Solana melonjak ke level tertinggi pada tahun 2021. Kripto itu mencatatkan return of investment sebesar 3.800% kepada investor token. Karena pengguna pindah dari Ethereum ke blockchain yang lebih murah dan lebih cepat.

Modal sejak itu dirotasi ke blockchain yang sebelumnya kurang dikenal, seperti Fantom, Harmony, Near dan Cosmos. Fantom muncul sebagai salah satu yang berkinerja terbaik di minggu terakhir bulan Desember, membukukan pengembalian setinggi 77% dalam waktu kurang dari 14 hari. Tetapi beberapa, seperti Naim, mengatakan Ethereum tetap menjadi yang teratas.

“Senang melihat pesaing Ethereum bekerja dengan baik karena memperluas ekosistem, tetapi saya juga akan mengatakan bahwa fakta bahwa kami mengukur karakteristik mereka dalam hal Ethereum menunjukkan sejauh mana dimana Ethereum masih menjadi standar emas di industri ini,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…