Inilah Prediksi Tren Teknologi yang Bakal Hadir di Tahun 2022

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 Januari 2022 - 11:40 WIB

Ilustrasi Face Detection
Ilustrasi Face Detection

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memasuki tahun 2022, sudah banyak prediksi dari para ahli tentang tren teknologi yang akan mewarnai tahun ini. Penelitian dan pengembangan teknologi yang semakin masif, membuat teknologi jadi semakin canggih. 

Kecanggihan teknologi ini sangat berguna untuk membantu pekerjaan sehari-hari, sehingga mempermudah aktivitas manusia. Melihat dari tahun-tahun sebelumnya, sudah banyak teknologi yang mulai digencarkan. 
Contohnya seperti NFT, artificial  intelligence (AI), jaringan 5G, hingga terciptanya dunia digital yang dijuluki metaverse. 
Berikut adalah beberapa tren teknologi yang akan meledak di tahun 2022 menurut para ahli. Penasaran? Simak artikel berikut ini.
1. Jaringan 5G
Pengembangan jaringan 5G sudah menjadi agenda yang dicanangkan selama beberapa tahun belakangan. Beberapa negara sudah mulai menerapkan jaringan seluler 5G yang disinyalir memiliki kecepatan internet yang sangat mumpuni. 
Menurut perkiraan, pada tahun 2022 akan banyak negara yang sudah menerapkan 5G secara penuh dengan jangkauan jaringan yang luas. 
Apabila jaringan 5G sudah menjangkau seluruh dunia, maka seluruh aktivitas komunikasi akan sangat diuntungkan. Sekolah atau bimbel yang dilakukan secara online pun tidak akan terganggu karena jaringan dan kecepatan internet sudah semakin memadai. 
2. Artificial  Intelligence (AI)
Peneliti di negara-negara maju sudah sejak lama melakukan pengembangan terhadap artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Pada tahun-tahun sebelumnya, AI umumnya hanya diberikan pada robot. Namun, pada tahun 2022 diprediksi akan banyak barang elektronik yang ditambahkan teknologi AI, contohnya seperti ponsel pintar dan juga komputer. 
3. Virtual Reality
Teknologi virtual reality berguna untuk memberikan pengalaman menakjubkan pada penggunanya. Dengan bantuan AI dan jaringan berkecepatan tinggi, teknologi ini dapat menunjukkan tampilan tiga dimensi yang terasa nyata tanpa harus beranjak keluar rumah. 
Virtual reality dapat dimanfaatkan untuk bermain game, menonton film, aktivitas belajar, dan bisa jadi nantinya dapat merambah di dunia kerja. 
4. Kendaraan Berdaya Listrik
Global warming menjadi isu penting yang sedang disorot karena menyebabkan berbagai bencana alam di seluruh dunia. Selain efek rumah kaca, salah satu penyebabnya adalah polusi yang disebabkan oleh kendaraan berbahan dasar minyak bumi. 
Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan mulai mengembangkan kendaraan yang ramah lingkungan. Sekarang ini, mobil bertenaga listrik sudah mulai diproduksi secara bertahap demi mengurangi polusi. 
5. Sensor Pemindai Wajah
Seiring berkembangnya teknologi, keamanan siber semakin digalakkan dan salah satu contohnya adalah sensor pemindai wajah. Perusahaan teknologi secara perlahan-lahan menyertakan fitur sensor pemindai wajah pada perangkatnya. 
Nantinya di tahun 2022, tidak hanya ponsel pintar saja yang memiliki sensor ini. Menurut para ahli perangkat elektronik lainnya, juga akan disertakan fitur pemindai wajah untuk meningkatkan keamanan. 
Demikian lima prediksi teknologi yang menjadi tren sepanjang tahun 2022 menurut para ahli. Teknologi yang semakin berkembang memang memudahkan aktivitas harian. Namun, jangan sampai terlalu terlena dengan teknologi dan jadi bermalas-malasan. Optimalkan bantuan teknologi untuk produktivitas sehari-hari. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…