Gelar Seminar Online, IAI Gadeng Kenari Djaja Kupas Tuntas Arsitektur Rumah Jawa di Era Modern

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 Januari 2022 - 08:10 WIB

Arsitektur Rumah Jawa
Arsitektur Rumah Jawa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bekerjasama dengan Kenari Djaja dan Majalah Asrinesia menggelar seminar online napak tilas warisan arsitektur nusantara bertajuk Rumah Jawa, Kamis (13/1).

Saat ini, bangunan Jawa yang berarsitektur Joglo merupakan metamorfosa arsitektur masa lalu yang mudah diterima dalam era kekinian, karena bentuk, filosofi maupun konstruksinya mudah diadaptasi pada desain rumah modern.

Keunikan arsitektur Joglo–Rumah Jawa perlu terus dipelihara dan disosialisasikan, agar pengembangannya kemudian desainnya tetap berpijak pada pakem tradisi budaya yang adiluhung.

Seorang pakar ilmu Javanologi yang mendalami sejarah latar belakang bangunan tradisional Jawa, Yuwono Sri Suwito dari Balai Konservasi Candi Borobudur dan Prambanan, memiliki banyak catatan penting tentang bangunan rumah Jawa kuno. 

“Kehidupan masyarakat Jawa yang berada di sepanjang bentang pulau Jawa ini memiliki ciri keistimewaan masing-masing, sehingga setiap daerah memiliki karakteristik desain rumahnya termasuk yang tinggal di pegunungan dan pesisir,” ujar Ir. Yuwono Sri Suwito dalam seminar online tersebut. 

Demikian juga pembicara lainnya, Arsitek DR. Ir. Revianto Budi Santoso, M.Arch, Dosen Arsitektur UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta, adalah ahli yang mampu mengartikulasikan bahasa tradisi ke dalam bahasa arsitektural rumah Jawa secara menarik. 

Penjelasan tentang javanologi oleh pengajar arsitektur ini, lebih mudah dimengerti dan dikembangkan ke dalam konsep desain arsitektur Jawa yang lebih baru di era modern.

Penerapan filosofi arsitektur Jawa yang sangat dihormati pada desain bangunan modern telah dilakukan oleh Arsitek Eko Agus Prawoto, M.Arch, IAI pada beberapa karyanya dalam konteks kekinian, yang dikatakan sebagai re-use construction. 

Dari pengalaman narasumber yang Arsitek praktisi dan pakar di bidang konstruksi arsitektur bambu ini, memperlihatkan bahwa pelestarian arsitektur rumah Jawa dapat terpelihara dan dikembangkan dalam arsitektur lebih baru, asal dilakukan secara baik dan benar.

Seminar Arsitektur Rumah Jawa yang unik, berjalan menarik karena dipandu Moderator Dr. Eng. Ir. Laretna T. Adishakti, M.Arch, pengajar Pascasarjana Arsitektur Universitas Gajah Mada yang mendalami masalah budaya sejarah dan tradisi Jawa. 

Sehingga seminar yang diiikuti sekitar 800 peserta ini menghasilkan nilai-nilai arsitektur adiluhung yang bermanfaat bagi peserta seminar dari seluruh Indonesia.

Mengenali asal-usul bentuk arsitektur beratap Joglo, memberi pengalaman baru mengenali salah satu ikon arsitektur tradisional Nusantara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…