Disaksikan Menaker Ida, Bridgestone Tire Indonesia Teken PKB Dengan Serikat Pekerja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 Januari 2022 - 12:52 WIB

Bridgestone Tire Indonesia Teken PKB Dengan Serikat Pekerja
Bridgestone Tire Indonesia Teken PKB Dengan Serikat Pekerja

INDUSTRY.co.id - Karawang - Manajemen PT Bridgestone Tire Indonesia dan Serikat Pekerja dari PUK SPSI KEP 3 Wilayah yaitu Pabrik Bekasi, Pabrik Karawang dan Kantor Pusat menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang disaksikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di kantor pusat PT Bridgestone Tire Indonesia Karawang pada Rabu (12/1/2022) kemarin.

Mukiat Sutikno Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia mengungkapkan bahwa pembaharuan PKB ini merupakan wujud upaya bersama dari Manajemen dan Serikat Pekerja untuk terus menjaga hubungan industrial yang harmonis, di tengah tantangan era persaingan yang begitu dinamis.

“Kami sangat berbahagia Ibu Menteri Ketenagakerjaan, Ibu Ida Fauziyah, berkenan menghadiri dan menyaksikan penandatanganan PKB di PT Bridgestone Tire Indonesia,” kata Mukiat dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (13/1/2022).

PKB yang ditandatangani adalah yang ke XIV bagi PT Bridgestone Tire Indonesia dan akan berlaku untuk periode 2022-2024.

Dalam penandatanganan tersebut, Manajemen diwakili oleh oleh Mukiat Sutikno selaku Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Yunus Triyonggo selaku HRGA Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia serta Respati Bayu Head of HRGA PT Bridgestone Tire Indonesia.

Sedangkan jajaran pimpinan Serikat Pekerja diwakili oleh Ketua Serikat PUK SPSI KEP 3 wilayah, masing-masing Zen Mutowali (Bekasi), Jamaludin Suhri (Karawang) dan Ahmad Lutfi (Kantor Pusat).

Dalam sambutannya, Menaker Ida menyampaikan apresiasi kepada Manajemen PT Bridgestone Tire Indonesia dan Serikat Pekerja yang telah berhasil melaksanakan perundingan PKB ke XIV ditengah situasi pandemi COVID-19 dimana dibutuhkan kerja keras, komunikasi efektif, komitmen, empati dan persepsi yang sama dari pihak Manajemen dan Serikat Pekerja.

Ida juga berharap momentum ini dijadikan komitmen bersama untuk mewujudkan kemitraan yang baik antara Manajemen dengan Serikat pekerja PT Bridgestone Tire Indonesia sehingga dapat mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan tetap terjaga.

Pada kesempatan ini, Menaker Ida juga menyampaikan apresiasi atas segala upaya perusahaan dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19, seperti Sosialisasi Protokol Kesehatan dan bahaya COVID-19 serta Vaksinasi Massal yang ditunjukkan tidak hanya kepada pekerja saja tetapi juga beserta keluarganya.

Diakhir sambutannya, Menaker Ida turut menghimbau bahwa dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja dan peraturan pelaksananya tidak akan mendegradasi kualitas PKB yang sudah baik.

Selain dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan, acara penandatanganan ini dihadiri pula oleh Dirjen HI-Jamsos Kemenaker RI, Ibu Dra. Indah Anggoro Putri, M. Bus., Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bapak Budi Hartawan, S.E., M.A., jajaran Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang, serta jajaran Petinggi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Ketua DPK APINDO Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang, Ketua PC FSP KEP SPSI Kab-Kota Bekasi dan Kab. Karawang selaku para stakeholder yang terlibat selama proses pembahasan PKB dan turut mendukung terciptanya iklim hubungan industrial yang harmonis di PT Bridgestone Tire Indonesia.

“Bagi Bridgestone, fokus utama kami saat ini adalah menjaga daya saing serta terus meningkatkan produktivitas dan keunggulan kualitas produk kami. Dan kami percaya, hal tersebut hanya dapat dicapai melalui hubungan industrial yang harmonis, dimana semua karyawan saling bahu membahu memastikan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasar yang ada di dalam maupun luar negeri.” tutup Mukiat.

Padq kesempatan tersebut, Menaker Ida juga meresmikan program pemagangan PT Bridgestone Tire Indonesia yang bernama BE MANTAP. Sebuah program pemagangan bersertifikat yang merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pengembangan SDM di Indonesia serta pemenuhan kebutuhan operator yang multitasking di bisnis manufaktur masa mendatang.

Dalam akhir kunjungannya, Mrnaker Ida menyempatkan untuk berkunjung ke dalam pabrik Bridgestone untuk melihat langsung proses pembuatan ban Bridgestone sebagai salah satu pemimpin pasar di Indonesia dan produk-produknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…