Pahamify Menyambut Baik Upaya Pemerintah Memajukan Pendidikan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 07 Januari 2022 - 23:16 WIB

Pahamify gelar webinar
Pahamify gelar webinar

INDUSTRY.co.id-Bogor – Dalam rangka mendorong pemulihan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, Pemerintah akan melakukan revitalisasi pendidikan Nasional. Hal ini salah satunya diwujudnyatakan melalui pemberian opsi penerapan Kurikulum Prototipe pada Tahun Ajaran 2022.

PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) menyambut baik upaya Pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, Pahamify turut mendukung wacana ini melalui penyelenggaraan webinar bersama narasumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI untuk membahas tuntas Kurikulum Prototipe 2022.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek RI Dr. Yogi Anggraena, M.Si. hadir secara virtual sebagai narasumber pada Jumat (7/1). Webinar Pahamify yang mengangkat tema “Paradigma dan Implementasi Kurikulum Prototipe 2022 untuk SMA Sederajat” ini diikuti secara antusias oleh lebih dari 400 audiens yang terdiri dari guru SMA sederajat yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kurikulum Prototipe 2022 melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yang dirancang untuk mengembangkan murid secara holistik; berbasis kompetensi yang ingin dikembangkan dan bukan berdasarkan konten atau materi; serta dirancang sesuai konteks dan terpersonalisasi sesuai kebutuhan murid,” urai Yogi.

Pembelajaran yang dijalankan pada Kurikulum Prototipe 2022 akan berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter siswa. Kurikulum ini juga akan berfokus pada materi esensial sehingga ada waktu yang cukup untuk pembelajaran mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Kurikulum Prototipe memberikan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Sebagai informasi, program peminatan/penjurusan nantinya tidak diberlakukan. Di kelas XI dan XII, siswa mengikuti mata pelajaran dari Kelompok Mata Pelajaran Wajib, dan memilih mata pelajaran dari kelompok MIPA, IPS, Bahasa, dan Keterampilan Vokasi sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

Chief Executive Officer (CEO) Pahamify Syarif Rousyan Fikri mengatakan, “Kami menyambut baik kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dalam menerapkan Kurikulum Prototipe 2022. Kurikulum ini tentunya akan semakin mendorong semangat merdeka belajar siswa. Sebagai platform belajar digital, Pahamify juga akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik sehingga siswa mampu meningkatkan prestasi akademiknya.”

Webinar bersama Kemendikbud Ristek RI ini merupakan kegiatan dari Teacher Community Pahamify untuk memberikan nilai tambah bagi pendidikan di Indonesia. Dalam penyelenggaraan webinar dan pelatihan bagi guru, siswa, maupun orang tua, Pahamify senantiasa bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Kementerian, Lembaga Swasta, hingga sejumlah public figure.

Sambut Kurikulum Prototipe 2022, Pahamify Gelar Webinar Bersama Kemendikbud Ristek RI - Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek RI Dr. Yogi Anggraena, M.Si (kiri) di tengah pelaksanaan webinar Pahamify bertajuk “Paradigma dan Implementasi Kurikulum Prototipe 2022 untuk SMA Sederajat” pada Jumat (7/1). Webinar yang diselenggarakan untuk mengupas tuntas Kurikulum Prototipe 2022 ini diikuti secara antusias oleh lebih dari 400 audiens yang terdiri dari guru SMA sederajat yang tersebar di seluruh Indonesia. Pahamify menyambut baik upaya Pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:07 WIB

Di Ajang WEF 2022, Menperin Agus Beberkan Peluang Investasi Baru di Indonesia

Pertemuan tahunan World Economic Forum dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan diskusi dengan para perwakilan ekonomi dunia dan investor-investor potensial.

Ilustrasi Payroll

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:03 WIB

Apa Saja Kriteria Payroll System Indonesia yang Bagus dan Efektif? Berikut Ulasannya

Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya.…

Ilustrasi Pajak

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:42 WIB

8 Pajak Penghasilan yang Wajib Dibayar dan Dilaporkan Secara Online

Di negara manapun, termasuk Indonesia, pajak dapat memberikan kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan pajak, masyarakat bisa menikmati infrastruktur mulai dari jalan, terminal, stasiun,…

Direktur Utama Yoshihiro Kobi mengatakan sepanjang kuartal I-2022, perseroan telah berhasil mencapai 41%

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:41 WIB

Ekonomi Mulai Pulih! Bekasi Fajar Optimistis Akan Penjualan Lahan Industri

Jakarta - PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) pada tahun ini menargetkan marketing sales lahan industri seluas 20 hektar dengan harga rata-rata penjualan Rp2,7 juta-3,5 juta/m2.

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:03 WIB

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi…