Simak, Ini Strategi Email Marketing Bagi Perusahaan Meningkatkan Penjualan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Januari 2022 - 17:25 WIB

Ilustrasi Bekerja (ist)
Ilustrasi Bekerja (ist)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Bisnis yang terus berjalan harus memiliki strategi yang tepat. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan penjualan serta melihat perkembangan dari awal usaha dimulai hingga periode waktu tertentu apakah mengalami perkembangan yang signifikan atau tidak. Sebagai  bentuk upaya mempromosikan usaha, ada banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya yaitu email marketing. Email marketing merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan saat ini. 
 
Terlebih, cara ini sangat praktis untuk membuat masyarakat lebih mengenal produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Walaupun terlihat mudah, email marketing tidak boleh disebarkan secara sembarang. Sehingga harus mengikuti prosedur yang berlaku agar sesuai dengan apa yang ingin perusahaan sampaikan kepada pelanggan atau konsumen. 
 
Penggunaan email marketing jika dikirim secara manual memang membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi jika terdapat kesalahan dalam alamat email, hal ini akan menjadi sebuah kendala karena pesan otomatis yang dikirimkan tidak sampai ke target pasar. Guna menghindari permasalahan seperti ini, Anda dapat beralih menggunakan software marketing automation. Dilansir dari HashMicro, sistem ini dapat memberikan Anda laporan yang lengkap. Email marketing dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.
 
Jenis-jenis Email Marketing
Supaya dapat mengenal audiens lebih dalam lagi, maka Anda harus mengetahui beberapa jenis Email marketing yang mungkin dapat membantu Anda untuk mengirim pesan kepada pelanggan atau konsumen seperti contoh di bawah ini :
 
Invitation Email
Selain membuat promosi produk, email juga menjadi alat yang bagus untuk mempromosikan acara-acara mendatang dari brand Anda. Jika kamu ingin mengadakan event berbayar untuk audiens umum, sebaiknya sertakan tulisan mengenai kenapa orang-orang harus mengikuti event tersebut. Hal tersebut akan menarik perhatian audiens untuk mendaftarkan diri ke event yang telah kamu selenggarakan. Jangan lupa, sertakan visual yang menarik sebagai bahan pendukung.
 
Digest Email
Digest Email merupakan email marketing yang otomatis akan dihasilkan oleh mailing list electronically. Dengan email ini kita juga bisa menentukan periode email tersebut digunakan, misalnya hari, minggu, bulan, dan lain sebagainya. Atau email ini bisa juga membatasi penerima, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.
 
Newsletter
Newsletter memang menjadi salah satu andalan marketer dalam menerapkan email marketing. Pada hakikatnya, newsletter cocok dipakai jika kamu juga menerapkan content marketing melalui blog perusahaan.
Nantinya, artikel-artikel menarik dari blog dapat dikirimkan ke audiens melalui email agar dapat dibaca kepada mereka. Frekuensi pengiriman pun rata-rata dua sampai tiga kali per minggu, bergantung dari strategi masing-masing perusahaan.
 
Akan tetapi, apabila ingin mengirimkan dua atau empat artikel sekali pun, sebaiknya gunakan visual yang menarik beserta CTA (call to action) yang kuat. Tulisan di dalamnya pun usahakan jangan terlalu panjang agar audiens semakin nyaman membacanya.
 
Manfaat Membangun strategi pada Email Marketing
Dalam menjalankan bisnis, tidak terlepas dari kegiatan marketing atau pemasaran. Marketing merupakan serangkaian aktivitas atau kegiatan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Mulai dari membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya, dan mempromosikan produk tersebut kepada konsumen. Dilansir dari Marketing craft, berikut adalah manfaat yang dapat Anda rasakan
 
Meminimalisir Pengeluaran 
Melakukan strategi promosi melalui media online akan jauh lebih memudahkan Anda karena biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar dibandingkan dengan promosi secara offline atau dalam bentuk fisik. Anda cukup mengetahui siapa target pasar Anda dan bagaimana cara agar pesan yang Anda sampaikan dapat terjangkau luas. 
 
Meningkatkan Konten Promosi yang Dibuat
Penggunaan email marketing akan memudahkan Anda memberikan penawaran yang menarik bagi target pasar. Gunakan strategi serta desain menarik sehingga pelanggan merasa promosi yang Anda lakukan membuat mereka ingin memburu barang jualan Anda. Anda juga dapat menerima subscribers dari pengiriman email dan dari hal ini Anda akan mendapatkan pelanggan loyal.
 
Mempengaruhi Peningkatan Engagement
Sosial media memberi pengaruh yang besar bagi sebuah bisnis. Sehingga link yang berada di pesan email akan membuat pelanggan melakukan klik tautan sehingga aktivitas sosial yang ada pada akun tersebut juga akan meningkat. 
 
Strategi dalam Mengirim Email Marketing
Selain manfaat yang dapat Anda rasakan dari strategi penggunaan email marketing, Anda juga dapat memilih jenis strategi apa yang tepat bagi bisnis Anda. dilansir dari HashMicro, terdapat beberapa strategi 
 
Subjek Email 
Subjek atau judul email merupakan hal yang penting sebelum menulis isi email itu sendiri. Maka dari itu, judul email harus di bentuk sebaik mungkin agar dapat menarik pelanggan. 
 
Subjek email ini bisa kita artikan sebagai judul dari sebuah email. Sama hal nya dengan sebuah artikel. Kalau judul atau headline nya menarik, pembaca akan tergerak untuk membaca lebih dalam lagi. Pemicu yang lainnya agar orang mau membuka email yang Anda kirimkan adalah email sender atau siapa pengirim email nya.
 
Tampilan Email 
Tidak semua email yang dibuka pelanggan dikarenakan penulisan subjek email yang menarik dan mengundang perhatian orang untuk membacanya hingga habis. Sebuah penelitian yang dilakukan Direct Marketing Association menemukan bahwa 88% orang yang membuka email menyukai tampilan berupa konten HTML dan 12% sisanya menyukai tampilan atau konten email yang berupa teks. Karena itulah, setelah menentukan subjek yang menarik, buatlah email dengan tampilan yang menarik perhatian pelanggan dan bisa membuat pelanggan melakukan sesuatu di dalam email tersebut, misalnya menekan button atau tombol untuk mendapatkan promosi.
 
Permintaan data diri
Pada saat Anda ingin mengumpulkan database pelanggan, maka Anda tentu harus mencantumkan formulir data diri ke dalam email marketing. Usahakan untuk mengambil data yang penting saja, seperti alamat email untuk meningkatkan kuantitas subscribe pada website atau blog Anda. Karena, dengan meminta database terlalu banyak, selain membuat pelanggan malas mengisinya, ini juga bisa membuat pelanggan merasa ragu dalam memberikan informasi mengenai diri mereka, terutama dengan maraknya penyalahgunaan informasi melalui internet seperti saat ini.
 
Testimonial pelanggan
Di dalam email marketing, Anda juga bisa menambahkan konten mengenai testimoni pelanggan untuk meningkatkan efektivitas subscribe email untuk situs atau website Anda. Bagi Anda yang menjalankan usaha dalam skala kecil, Anda dapat mencantumkan foto pelanggan yang puas atas produk atau jasa yang ditawarkan produk Anda, maupun dengan menampilkan testimoni dari orang terkenal pada situs Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai email dengan harapan perusahaan akan menyediakan informasi berharga yang dicari oleh calon pelanggan Anda.
 
Promo hadiah
Untuk menarik pelanggan untuk melakukan sesuatu dalam email, Anda juga bisa menawarkan promo menarik kepada orang-orang yang telah melakukan subscribe. Misalnya, dengan memberikan kode diskon atau spesial promo lainnya yang bisa Anda cantumkan di dalam email marketing yang Anda kirimkan. Pertimbangkanlah aspek win-win solution untuk pelanggan yang ingin mendaftar list building email serta bagi calon customer yang ingin mendapatkan sesuatu dari perusahaan.
 
Dengan memahami jenis email marketing dan strategi yang Anda lakukan ketika ingin mengirimkan email, Anda bisa melakukan marketing dengan lebih tepat. Selain bisa menjangkau banyak pelanggan hanya dengan sekali kirim email, Anda juga bisa melakukan aktivitas ini dengan biaya yang terjangkau. Media promosi ini bisa bahkan bisa menjadi lebih efektif daripada dengan beriklan melalui media TV, radio, ataupun media cetak yang tentu akan membutuhkan banyak biaya.
 
Kesimpulan
Email marketing mengambil peran penting yang memang dinilai efektif untuk dilakukan. Terbukti dengan tingginya pengguna email marketing dari waktu ke waktu. Dengan menerapkan berbagai tips & trik email marketing di atas, maka mempromosikan produk maupun jasa Anda tentu akan jauh lebih mudah. 
 
Terlebih sudah ada banyak pemilik bisnis yang berhasil memasarkan produk maupun jasa mereka dengan menggunakan email marketing. Tentunya mereka juga memiliki email list yang cukup banyak, dengan begitu dalam memasarkan produk pun akan lebih banyak mendapat keuntungan. Jadi, jika Anda pemilik bisnis maupun perusahaan dan belum pernah mencoba menggunakan apa itu email marketing, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakannya dari sekarang dan jangan ragu lagi untuk memanfaatkan apa itu email marketing dalam bisnis maupun perusahaan Anda

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…