TRIS Terapkan Bahan Bakar Ramah Lingkungan, Gunakan Compressed Natural Gas untuk Kurangi Emisi

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Januari 2022 - 11:43 WIB

PT Trisula International Tbk
PT Trisula International Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Trisula International Tbk (“TRIS”), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen, terus fokus dalam menerapkan praktik bisnis keberlanjutan. Salah satu langkah TRIS adalah dengan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, yaitu gas alam terkompresi atau CNG (Compressed Natural Gas) pada mesin uap di pabrik anak usahanya, yaitu PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing. Mesin CNG bertujuan untuk mengurangi pengeluaran emisi yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar biasa. Hal ini juga merupakan persiapan TRIS dalam menyambut era pajak karbon tahun 2022.

Santoso Widjojo selaku Direktur Utama TRIS menjelaskan, “Kami sangat antusias dengan adanya rencana pajak karbon pada tahun 2022, yang mana TRIS sudah sejak lama berkomitmen dalam prinsip lingkungan keberlanjutan dengan memerhatikan aspek pada 3P (People, Planet, Profit). Selain menciptakan keuntungan dan kesejahteraan bagi karyawan, kami juga memerhatikan lingkungan sekitar dengan fokus pada proses produksi yang sustainable. Diharapkan TRIS dapat terus menjaga dan melindungi bumi untuk generasi yang akan datang. Misalnya, dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan.”

TRIS menggunakan energi yang ramah lingkungan dan tidak beracun. Hal ini diterapkan pada penggunaan gas alam terkompresi yang lebih bersih dan lebih ramah lingkungan sebagai pengganti batu bara untuk memasok boiler (mesin uap). TRIS memasang Steam Trap untuk mengatur aliran uap pada boiler di pabrik TRIS sehingga aliran uap dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengurangi pengeluaran karbon dioksida (CO2). Tujuannya adalah menciptakan efisiensi dan keberlangsungan produksi yang sustainable. Diharapkan pada tahun 2022 TRIS dapat terus berpartisipasi dalam mengurangi emisi demi lingkungan yang berkelanjutan.

Di sisi lain, TRIS juga memerhatikan pada efisiensi penggunaan listrik. TRIS mengganti penggunaan lampu biasa menjadi lampu LED yang lebih hemat listrik. Namun, tanpa mengesampingkan kualitas pencahayaan yang lebih terang untuk menghemat penggunaan energi pada pabrik-pabrik TRIS. Serta, selalu melakukan pemeriksaan berkala atas semua mesin dan peralatan produksi untuk menghindari kebocoran penggunaan energi.

“TRIS berharap dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan ini dapat memberikan kontribusi yang baik untuk lingkungan dan mencegah pemanasan global. Hal ini juga sebagai wujud komitmen TRIS sebagai perusahaan garmen untuk terus meningkatkan kepercayaan pelanggan kami, baik di domestik maupun luar negeri melalui produk-produk berkualitas dan sustainable. Terlebih dengan adanya rencana pajak karbon di tahun mendatang, diharapkan TRIS dapat terus lebih fokus dalam meningkatkan bisnis yang ramah lingkungan,” tutup Santoso.

Tentang PT Trisula International Tbk

PT Trisula International Tbk (“Perseroan”) didirikan pada tahun 2004 sebagai perusahaan yang khusus bergerak di sektor industri garmen dan perdagangan ritel. Perseroan mencatatkan saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TRIS pada 28 Juni 2012. Di tahun yang sama, Perseroan mengakuisisi PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing. Pada tahun 2014, Perseroan mengakuisisi MIDO Uniforms Pte Ltd., perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan seragam dan berdomisili di Singapura. Pada tahun 2017, Perseroan mendirikan Trisco Tailored and Woven International Ltd. Yang berdomisili di Amerika Serikat. Kemudian, pada Desember 2019 Perseroan melaksanakan rights issue dan akuisisi PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…