Persiapkan Diri Hadapi Tantangan Tahun 2022, Ini yang Dilakukan PTPN X

Oleh : Hariyanto | Jumat, 31 Desember 2021 - 11:26 WIB

PTPN X
PTPN X

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah berhasil menunjukkan perbaikan kinerja di tahun 2021, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X sebagai produsen gula dan tembakau berkualitas tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di tahun 2022, baik di sisi on farm maupun off farm.

Di sisi on farm, PTPN X berfokus pada perluasan dan pengelolaan Tebu Sendiri (TS), sedangkan di sisi off farm¸ perbaikan dan perawatan pabrik akan dilakukan dengan lebih optimal.

Pada musim giling tahun 2022, PTPN X akan dihadapkan pada tantangan pasok Bahan Baku Tebu (BBT). Fokus utama dalam menjaga keajegan pasok BBT ini adalah dengan melakukan perluasan TS melalui program Agroforestry.

Program Agroforestry ini bekerjasama dengan Perum Perhutani terkait penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan untuk kegiatan budidaya tanaman tebu guna mendukung ketahanan pangan. Ada penambahan lahan TS seluas 422 Ha melalui Program Agroforestry.  

Selain Agroforestry, PTPN X juga melakukan kerjasama dengan sesama PTPN dan pihak lain melalui kerjasama usaha dan sewa lahan, dimana  juga memberikan penambahan lahan TS seluas 535 Ha. Artinya, total penambahan lahan TS di tahun 2021 sejumlah 957 Ha.

“Penambahan luasan TS ini tentunya akan berdampak pada peningkatan pasok BBT ke pabrik gula. Penambahan pasok BBT dari program Agroforestry, kerjasama usaha, dan sewa lahan tersebut sejumlah 82.584 ton tebu,” jelas Tuhu Bangun, Direktur PTPN X yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (31/12/2021).

Selain itu, pengelolaan Tebu Rakyat (TR) juga akan dilakukan lebih optimal, melalui peningkatan engagement dengan petani tebu binaan. Harapannya, engagement yang terjalin dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan petani untuk dapat menggilingkan tebunya ke pabrik gula PTPN X.

Pada sisi off farm, perbaikan dan perawatan pabrik akan lebih ditingkatkan untuk menjaga kelancaran proses giling. Kelancaran proses giling ini tentunya berdampak pada pengurangan jam berhenti dan penurunan penggunaan bahan bakar alternatif, sehingga biaya akan lebih efisien.

Selain itu, PTPN X juga memiliki Nusantara Maintenance Facilities (NMF) yang merupakan workshop untuk perawatan dan pemenuhan sparepart pabrik gula. Adanya NMF membuat PTPN X dapat melakukan beberapa perbaikan di pabrik gula secara mandiri, yang tentunya berdampak pada penurunan biaya perbaikan.

“Tahun 2021 ini, ada peningkatan jumlah tebu digiling sebesar 6% dengan produktivitas 80,9 Ton/Ha. PTPN X akan lebih siap menghadapi tantangan di tahun 2022, sehingga segala target dapat tercapai dengan optimal,” tegas Tuhu Bangun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Rabu, 17 April 2024 - 06:17 WIB

Buntut Protes Keras BP2MI, Pengusaha Tekstil Desak Aparat Selidiki Permainan Curang Importir

Stakeholder industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta aparat melakukan penyelidikan secara mendalam terkait protes keras yang dilakukan oleh Kepala BP2MI terhadap pemberlakuan Permendag…

APEC

Rabu, 17 April 2024 - 05:31 WIB

Bicara di Forum APEC, ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

Jakarta – Perempuan semakin memegang peranan penting dalam ekosistem pertanian dan pangan. Hal tersebut dilihat dari tumbuhnya kontribusi perempuan di tahapan rantai pasok industri pangan…

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…