Persiapkan Diri Hadapi Tantangan Tahun 2022, Ini yang Dilakukan PTPN X

Oleh : Hariyanto | Jumat, 31 Desember 2021 - 11:26 WIB

PTPN X
PTPN X

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ´╗┐´╗┐´╗┐Setelah berhasil menunjukkan perbaikan kinerja di tahun 2021, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X sebagai produsen gula dan tembakau berkualitas tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di tahun 2022, baik di sisi on farm maupun off farm.

Di sisi on farm, PTPN X berfokus pada perluasan dan pengelolaan Tebu Sendiri (TS), sedangkan di sisi off farm¸ perbaikan dan perawatan pabrik akan dilakukan dengan lebih optimal.

Pada musim giling tahun 2022, PTPN X akan dihadapkan pada tantangan pasok Bahan Baku Tebu (BBT). Fokus utama dalam menjaga keajegan pasok BBT ini adalah dengan melakukan perluasan TS melalui program Agroforestry.

Program Agroforestry ini bekerjasama dengan Perum Perhutani terkait penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan untuk kegiatan budidaya tanaman tebu guna mendukung ketahanan pangan. Ada penambahan lahan TS seluas 422 Ha melalui Program Agroforestry.  

Selain Agroforestry, PTPN X juga melakukan kerjasama dengan sesama PTPN dan pihak lain melalui kerjasama usaha dan sewa lahan, dimana  juga memberikan penambahan lahan TS seluas 535 Ha. Artinya, total penambahan lahan TS di tahun 2021 sejumlah 957 Ha.

“Penambahan luasan TS ini tentunya akan berdampak pada peningkatan pasok BBT ke pabrik gula. Penambahan pasok BBT dari program Agroforestry, kerjasama usaha, dan sewa lahan tersebut sejumlah 82.584 ton tebu,” jelas Tuhu Bangun, Direktur PTPN X yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (31/12/2021).

Selain itu, pengelolaan Tebu Rakyat (TR) juga akan dilakukan lebih optimal, melalui peningkatan engagement dengan petani tebu binaan. Harapannya, engagement yang terjalin dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan petani untuk dapat menggilingkan tebunya ke pabrik gula PTPN X.

Pada sisi off farm, perbaikan dan perawatan pabrik akan lebih ditingkatkan untuk menjaga kelancaran proses giling. Kelancaran proses giling ini tentunya berdampak pada pengurangan jam berhenti dan penurunan penggunaan bahan bakar alternatif, sehingga biaya akan lebih efisien.

Selain itu, PTPN X juga memiliki Nusantara Maintenance Facilities (NMF) yang merupakan workshop untuk perawatan dan pemenuhan sparepart pabrik gula. Adanya NMF membuat PTPN X dapat melakukan beberapa perbaikan di pabrik gula secara mandiri, yang tentunya berdampak pada penurunan biaya perbaikan.

“Tahun 2021 ini, ada peningkatan jumlah tebu digiling sebesar 6% dengan produktivitas 80,9 Ton/Ha. PTPN X akan lebih siap menghadapi tantangan di tahun 2022, sehingga segala target dapat tercapai dengan optimal,” tegas Tuhu Bangun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Clinton Augusto

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:00 WIB

Clinton Augusto Bagikan Tips Menaikan Berat Badan Secara Alami dengan RimbaLife

Punya badan kurang berisi tidak selamanya menjadi dambaan setiap orang, Banyak Orang yang masih bingung atau mungkin udah menyerah untuk bisa menaikan berat badannya, bahkan banyak yang melakukan…

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…