Keren! Tiga Kompleks Pabrik Indocement Raih Penghargaan PROPER Hijau 2021

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 30 Desember 2021 - 13:52 WIB

Tiga Kompleks Pabrik Indocement Raih Penghargaan PROPER Hijau 2021
Tiga Kompleks Pabrik Indocement Raih Penghargaan PROPER Hijau 2021

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Tiga kompleks pabrik milik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) yaitu Indocement Kompleks Pabrik Citeureup, Indocement Kompleks Pabrik Cirebon, dan Indocement Kompleks Pabrik Tarjun berhasil meraih penghargaan PROPER Hijau 2021.

Penghargaan ini diumumkan pada 28 Desember 2021 secara daring dalam acara Anugerah Lingkungan PROPER Tahun 2021 dengan tajuk "PROPER: Inovasi Sosial untuk Indonesia Maju". Tiga kompleks pabrik Indocement dinilai telah melakukan pengelolaan lingkungan melebihi dari yang dipersyaratkan, telah mempunyai sistem pengelolaan lingkungan, serta mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat.

Program inovasi unggulan yang diangkat oleh Indocement Kompleks Pabrik Citeureup:
• Efisiensi energi sebesar 681.907 GJ melalui konversi electrostatic precipitator menjadi bag house filter di Plant 4. • Pemanfaatan limbah B3 fly ash seberat 224.385,7 Ton
• Penurunan emisi sebesar 116.241 Ton CO2eq melalui efisiensi energi panas dari pengoperasian Plant 14.
• Indocement Kompleks Pabrik Citeureup merupakan kompleks pabrik dari industri semen pertama yang memperoleh Sertifikat Hijau dari Kementerian Perindustrian pada tahun 2017. Program inovasi unggulan yang diangkat oleh Indocement Kompleks Pabrik Cirebon:
• Efisiensi energi sebesar 1.239.440 GJ melalui pemanfaatan sekam padi sebagai bahan bakar alternatif.
• Pemanfaatan limbah B3 refraktori bekas seberat 250 ton sebagai bahan baku alternatif.
• Penurunan emisi sebesar 107,40 Ton CO2eq melalui pengendalian temperatur untuk mengurangi pembentukan senyawa sulfat di cerobong utama pabrik semen. Program inovasi unggulan yang diangkat oleh Indocement Kompleks Pabrik Tarjun:
• Efisiensi energi sebesar 341.574,53 GJ dengan mengurangi rasio presentase pemakaian klinker dalam semen sehingga mengurangi konsumsi energi pembuatan semen di finish mill. • Pemanfaatan limbah fly ash sebesar 2.052,39 Ton.
• Penurunan emisi sebesar 115.851 Ton CO2eq melalui reposisi jalur outlet gas tertiery air duct ke ILC Calciner yang menghasilkan penurunan emisi sebesar 115.851 Ton CO2eq.

Penghargaan PROPER sendiri merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada perusahaan di Indonesia atas kinerja lingkungannya. Pada 2021 ini sebanyak 2.593 perusahaan turut serta dalam Anugerah PROPER dimana hanya 47 perusahaan yang mendapatkan penghargaan tertinggi PROPER Emas dan 186 perusahaan yang mendapatkan PROPER Hijau.

Penilaian PROPER ini merupakan program yang diselenggarakan KLHK sejak tahun 2002.
Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya menyatakan, ini pertama kalinya Indocement mendapatkan hattrick penghargaan PROPER Hijau untuk ketiga kompleks pabrik Indocement!

Sebagai perusahaan publik yang berorientasi pada keberlanjutan dan pionir perusahaan semen ramah lingkungan, Indocement memberikan perhatian yang sangat besar pada aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) dan terus berupaya mengurangi jejak lingkungannya dengan menciptakan operasional yang lebih ramah lingkungan.

Kedepannya, Indocement akan terus berinovasi dan mengambil langkah-langkah terobosan baik dalam memproduksi beragam varian semen hijau dan memastikan proses produksi yang lebih environmental friendly.”
Mengenai Indocement Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen  (sebagai usaha inti) dan beton siap For Immediate Release -pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 5.000 orang. Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 24,9 juta ton semen.

Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…