Kamboja Hapus Larangan Kunjungan Wisatawan dari 10 Negara Afrika

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Desember 2021 - 13:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini, Kamboja membuka kembali perbatasannya dan menyambut wisatawan internasional. Tetapi segera setelah pembukaannya, dunia dilanda varian baru Covid-19, Omicron yang muncul dari Afrika Selatan. 

Sementara sebagian besar negara telah melarang semua jenis perjalanan dari negara-negara Afrika Selatan. Kamboja telah memutuskan untuk mencabut larangan wisatawan dari 10 negara Afrika. Ini adalah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Malawi, Angola dan Zambia.

Larangan yang diberlakukan hanya tujuh hari yang lalu karena varian Omicron kini telah dihapus. Berita itu dibagikan oleh Menteri Kesehatan Mam Bunheng dan keputusan itu disetujui oleh Hun Sen Perdana Menteri Kamboja. Wisatawan dari negara-negara Afrika yang disebutkan di atas diizinkan untuk mengunjungi Kamboja.

Keputusan itu diambil setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjukkan keprihatinannya yang mendalam terhadap isolasi negara-negara Afrika Selatan di tengah pembatasan perjalanan varian Omicron.

Namun, wisatawan dari 10 negara ini dan orang-orang dengan riwayat mengunjungi negara-negara Afrika dalam 14 hari terakhir harus menjalani rapid test Virus Corona setibanya di Kamboja.

"Jika hasilnya negatif, mereka harus menjalani karantina tujuh hari dan kemudian mengambil tes reaksi berantai polimerase (PCR) pada hari keenam karantina," katanya seperti dilansir dari Times of India, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, mereka yang divaksinasi harus menunjukkan sertifikat vaksin mereka dan membawa laporan tes PCR negatif tidak lebih dari 72 jam. Sementara, mereka yang tidak divaksinasi, mereka harus menjalani karantina 14 hari.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan dari Afrika Selatan pada 24 November. Hingga saat ini, varian ini telah ditemukan di hampir 40 negara tetapi tidak di Kamboja.