Kamboja Hapus Larangan Kunjungan Wisatawan dari 10 Negara Afrika

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Desember 2021 - 13:30 WIB

Angkor Wat, Kamboja (Ist)
Angkor Wat, Kamboja (Ist)

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini, Kamboja membuka kembali perbatasannya dan menyambut wisatawan internasional. Tetapi segera setelah pembukaannya, dunia dilanda varian baru Covid-19, Omicron yang muncul dari Afrika Selatan. 

Sementara sebagian besar negara telah melarang semua jenis perjalanan dari negara-negara Afrika Selatan. Kamboja telah memutuskan untuk mencabut larangan wisatawan dari 10 negara Afrika. Ini adalah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Malawi, Angola dan Zambia.

Larangan yang diberlakukan hanya tujuh hari yang lalu karena varian Omicron kini telah dihapus. Berita itu dibagikan oleh Menteri Kesehatan Mam Bunheng dan keputusan itu disetujui oleh Hun Sen Perdana Menteri Kamboja. Wisatawan dari negara-negara Afrika yang disebutkan di atas diizinkan untuk mengunjungi Kamboja.

Keputusan itu diambil setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjukkan keprihatinannya yang mendalam terhadap isolasi negara-negara Afrika Selatan di tengah pembatasan perjalanan varian Omicron.

Namun, wisatawan dari 10 negara ini dan orang-orang dengan riwayat mengunjungi negara-negara Afrika dalam 14 hari terakhir harus menjalani rapid test Virus Corona setibanya di Kamboja.

"Jika hasilnya negatif, mereka harus menjalani karantina tujuh hari dan kemudian mengambil tes reaksi berantai polimerase (PCR) pada hari keenam karantina," katanya seperti dilansir dari Times of India, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, mereka yang divaksinasi harus menunjukkan sertifikat vaksin mereka dan membawa laporan tes PCR negatif tidak lebih dari 72 jam. Sementara, mereka yang tidak divaksinasi, mereka harus menjalani karantina 14 hari.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan dari Afrika Selatan pada 24 November. Hingga saat ini, varian ini telah ditemukan di hampir 40 negara tetapi tidak di Kamboja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki saat membuka gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2022

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

Gairahkan Ekonomi Daerah, MenKopUKM Buka Gelaran Kebumen International Expo 2022

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselanggaranya Kebumen International Expo 2022 (KIE 2022) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan diyakini bisa…

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, yang memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Hewan Sapi disuntikkan vaksin oleh petugas

Senin, 27 Juni 2022 - 08:26 WIB

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

Senin, 27 Juni 2022 - 08:15 WIB

Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Limbah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin berhasil mengolah limbah darah sapi menjadi pupuk cair. Inovasi yang dinamai…

Dokter hewan menyuntikkan ke Sapi

Senin, 27 Juni 2022 - 08:03 WIB

Vaksinasi PMK di Lampung dimulai, Wagub Apresiasi Kinerja Kementan

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim menyambut baik pelaksanaan vaksinasi perdana untuk mencegah penyebarluasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Lampung.