Kamboja Hapus Larangan Kunjungan Wisatawan dari 10 Negara Afrika

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Desember 2021 - 13:30 WIB

Angkor Wat, Kamboja (Ist)
Angkor Wat, Kamboja (Ist)

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini, Kamboja membuka kembali perbatasannya dan menyambut wisatawan internasional. Tetapi segera setelah pembukaannya, dunia dilanda varian baru Covid-19, Omicron yang muncul dari Afrika Selatan. 

Sementara sebagian besar negara telah melarang semua jenis perjalanan dari negara-negara Afrika Selatan. Kamboja telah memutuskan untuk mencabut larangan wisatawan dari 10 negara Afrika. Ini adalah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Malawi, Angola dan Zambia.

Larangan yang diberlakukan hanya tujuh hari yang lalu karena varian Omicron kini telah dihapus. Berita itu dibagikan oleh Menteri Kesehatan Mam Bunheng dan keputusan itu disetujui oleh Hun Sen Perdana Menteri Kamboja. Wisatawan dari negara-negara Afrika yang disebutkan di atas diizinkan untuk mengunjungi Kamboja.

Keputusan itu diambil setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjukkan keprihatinannya yang mendalam terhadap isolasi negara-negara Afrika Selatan di tengah pembatasan perjalanan varian Omicron.

Namun, wisatawan dari 10 negara ini dan orang-orang dengan riwayat mengunjungi negara-negara Afrika dalam 14 hari terakhir harus menjalani rapid test Virus Corona setibanya di Kamboja.

"Jika hasilnya negatif, mereka harus menjalani karantina tujuh hari dan kemudian mengambil tes reaksi berantai polimerase (PCR) pada hari keenam karantina," katanya seperti dilansir dari Times of India, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, mereka yang divaksinasi harus menunjukkan sertifikat vaksin mereka dan membawa laporan tes PCR negatif tidak lebih dari 72 jam. Sementara, mereka yang tidak divaksinasi, mereka harus menjalani karantina 14 hari.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan dari Afrika Selatan pada 24 November. Hingga saat ini, varian ini telah ditemukan di hampir 40 negara tetapi tidak di Kamboja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Senin, 24 Januari 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:00 WIB

Ketum IMI Ingatkan Semangat Brotherhood Harus Rekatkan Ikatan Kebangsaan, HUT Ke-3 MBI DKI Jakarta

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengingatkan bagi sebuah organisasi, peringatan hari ulang tahun adalah momen penting, baik sebagai sarana refleksi…