Kamboja Hapus Larangan Kunjungan Wisatawan dari 10 Negara Afrika

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Desember 2021 - 13:30 WIB

Angkor Wat, Kamboja (Ist)
Angkor Wat, Kamboja (Ist)

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini, Kamboja membuka kembali perbatasannya dan menyambut wisatawan internasional. Tetapi segera setelah pembukaannya, dunia dilanda varian baru Covid-19, Omicron yang muncul dari Afrika Selatan. 

Sementara sebagian besar negara telah melarang semua jenis perjalanan dari negara-negara Afrika Selatan. Kamboja telah memutuskan untuk mencabut larangan wisatawan dari 10 negara Afrika. Ini adalah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Malawi, Angola dan Zambia.

Larangan yang diberlakukan hanya tujuh hari yang lalu karena varian Omicron kini telah dihapus. Berita itu dibagikan oleh Menteri Kesehatan Mam Bunheng dan keputusan itu disetujui oleh Hun Sen Perdana Menteri Kamboja. Wisatawan dari negara-negara Afrika yang disebutkan di atas diizinkan untuk mengunjungi Kamboja.

Keputusan itu diambil setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjukkan keprihatinannya yang mendalam terhadap isolasi negara-negara Afrika Selatan di tengah pembatasan perjalanan varian Omicron.

Namun, wisatawan dari 10 negara ini dan orang-orang dengan riwayat mengunjungi negara-negara Afrika dalam 14 hari terakhir harus menjalani rapid test Virus Corona setibanya di Kamboja.

"Jika hasilnya negatif, mereka harus menjalani karantina tujuh hari dan kemudian mengambil tes reaksi berantai polimerase (PCR) pada hari keenam karantina," katanya seperti dilansir dari Times of India, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, mereka yang divaksinasi harus menunjukkan sertifikat vaksin mereka dan membawa laporan tes PCR negatif tidak lebih dari 72 jam. Sementara, mereka yang tidak divaksinasi, mereka harus menjalani karantina 14 hari.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan dari Afrika Selatan pada 24 November. Hingga saat ini, varian ini telah ditemukan di hampir 40 negara tetapi tidak di Kamboja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…