Tahan Kenaikan Varian Delta, China Perketat Pembatasan Perjalanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Agustus 2021 - 11:15 WIB

INDUSTRY.co.id - China mengumumkan memperketat pembatasan perjalanan setelah sebagai upaya mencegah penularan virus Corona varian Delta. 

Menurut sebuah laporan, Wuhan, Nanjing, Beijing, dan Zhangjiajie telah memperketat pembatasan perjalanan, sedangkan perusahaan negara dan karyawan pemerintah telah dilarang meninggalkan kota itu karena varian Delta Covid-19 telah masuk ke 32 provinsi China hanya dalam dua minggu.

Dilansir dari laman Times of India, laporan tersebut mengatakan bahwa varian Delta telah masuk ke negara tersebut, meskipun jumlah kasus untuk saat ini lebih dari 300, dan masih lebih rendah daripada di negara lain, namun cara penyebarannya menunjukkan bahwa varian Delta ini menyebar dengan sangat cepat.

Situasi ini kemungkinan akan menimbulkan tantangan bagi strategi China dalam menangani virus sejak pertama kali terdeteksi di Wuhan. Dalam hal langkah-langkah ketat, pengujian Covid-19 secara massal setelah kasus muncul, penguncian wilayah yang ditargetkan, pelacakan kontak yang agresif, serta karantina ketat.

Sekarang, masuknya varian Delta yang menyebar cepat, langkah-langkah ketat China juga sedang diuji. Kemungkinan karena banyak bagian negara telah bebas Covid-19 selama berbulan-bulan, tidak ada kebijakan memakai masker dan tidak ada batas jarak sosial di beberapa tempat. 

Juga, peningkatan perjalanan untuk liburan musim panas, sehingga menyebabkan varian Delta mudah menyebar dengan cepat.