September, Singapura Akan Izinkan Perjalanan Bebas Karantina

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 28 Juli 2021 - 07:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Singapura kemungkinan akan mengizinkan perjalanan bebas karantina untuk yang sepenuhnya divaksinasi Covid-19 mulai September. Pembatasan yang lebih ketat untuk warga yang sepenuhnya divaksinasi mungkin juga akan mereda sebelum 18 Agustus. Sesuai Pemerintah Singapura, 80 persen populasi negara tersebut divaksinasi pada saat itu.

Dalam sesi parlemen, seorang menteri menyatakan bahwa Singapura akan secara progresif memfasilitasi perjalanan internasional dengan negara-negara yang telah berhasil mengelola situasi Covid-19 untuk menegaskan kembali posisi negara itu sebagai pusat perjalanan dan bisnis.

Dilansir dari laman Times of India, namun, sesuai laporan, negara ini juga mulai membuka kembali perbatasan dan membangun koridor perjalanan dengan negara atau wilayah lain yang memiliki infeksi terkendali.

Menteri Keuangan Lawrence Wong menambahkan bahwa Singapura akan meninjau keputusan akhir pelonggaran pembatasan perjalanan pada awal Agustus. Dia mempertahankan bahwa pelonggaran akan diferensiasi dan diperluas hanya untuk orang yang divaksinasi, karena mereka jauh lebih terlindungi dari efek virus. 

"Jika seseorang ingin berolahraga di gym atau ingin keluar untuk bersantap di restoran, mereka juga perlu divaksinasi sepenuhnya," jelasnya.

Meskipun pengumuman ini menjamin masa depan pariwisata yang menjanjikan di negara itu, masih belum jelas apakah India akan dimasukkan dalam daftar perjalanan bebas karantina jika rencana September berjalan.

Saat ini, berpergian dengan tren perjalanan yang sebagian besar pembatasan perjalanan terus berubah selama pandemi, kemungkinan kebijakan dapat berubah kapan saja.