Ratusan Pengusaha Muda Sujud Syukur: M. Lutfi Sosok Figur yang Tepat Isi Kursi Mendag

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 19:03 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penunjukan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto di sambut baik sejumlah pengusaha muda.

"Kami sangat mengapresiasi pilihan Presiden terhadap Muhammad Lutfi. Menurut kami ini adalah langkah maju untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Ketua Nasional Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) untuk Jokowi-Ma'ruf, Eka Sastra di Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Menurut Eka, Lutfi adalah orang yang paling cocok duduk sebagai Menteri di Kementerian Perdagangan.

"Latar belakang dan pengalamannya di bidang bisnis, organisasi, maupun pemerintahan membuat Lutfi adalah orang yang paling cocok duduk sebagai Menteri Perdagangan saat ini," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Muhammad Lutfi pernah duduk sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lutfi juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Dan terakhir sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Dengan segudang pengalaman ini, Lutfi pun diyakini akan bisa mendorong usaha kecil dan menengah di Indonesia untuk naik kelas dan masuk ke pasar dunia.

"Pengalaman beliau bisa dijadikan sebagai jembatan bagi pelaku dan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar dunia, ini kesempatan emas bagi Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi," ujar Eka.