Bersama Nippon Steel Chemical & Material Indonesia, Jababeka Kembali Tanam 1.000 Pohon Mangrove di PPI Paljaya

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 06:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Jababeka Group melalui anak usahanya, PT Jababeka Infrastruktur (PT JI), bersama PT Nippon Steel Chemical & Material Indonesia (PT NSMJ) kembali menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di PPI Paljaya, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu.

Penanaman tahun ini sempat tertunda karena faktor cuaca yang menyebabkan air laut pasang sehingga air naik ke permukaan menggenangi beberapa pemukiman warga di sekitar pantai. 

Sebanyak 1.000 pohon mangrove jenis Rhizophora apiculata kembali ditanam dari total 5.000 pohon yang menjadi program penanaman  5 tahun oleh PT. NSMJ yang sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu  hingga 2021 mendatang. 

Penanaman mangrove ini juga bermitra dengan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) HIU yang beranggotakan 15 orang warga setempat. Salah satu tugas Pokmaswas HIU adalah  memantau kegiatan pemanfaatan dan /atau pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayahnya. 

Mulyana, Senor Manager HR PT NSMJ, berharap kegiatan tersebut merupakan dukungan untuk kabupaten Bekasi yang lebih baik.

"Semoga upaya ini makin menambah antusias pihak-pihak industri dalam berkontribusi untuk lingkungan khususnya kelestarian laut dan pesisir pantai," katanya.

PPI Paljaya di Desa Segarajaya ini memiliki potensi wisata antara lain adanya hutan mangrove yang dapat dinikmati melalui jembatan cinta. Selain itu, pengunjung juga bisa menyusuri Sungai Rindu dan Sungai Jingkem yang berjarak sekitar 15 menit dari pesisir PPI Paljaya.

"Pohon mangrove di sepanjang sungai rindu ada yang berumur lebih dari 30 tahun, kami berharap pohon-pohon yang kami tanam sejak Pokmaswas HIU terbentuk, dapat berumur panjang dan membawa banyak manfaat bagi ekosistem pesisir," ujar Agus A. Setiawan, Ketua Pokmaswas HIU.

Sejalan dengan Program Jababeka Bersahabat- Jabat Lingkungan, GM PT. Jababeka Infrastruktur, Aris Dwi Cahyanto sangat mendukung program PT. NSMJ yang merupakan tenant di Kawasan Industri Jababeka.

"Penanaman pohon mangrove oleh PT. NSMJ sangat bermanfaat bagi pelestarian alam pesisir dan masyarakat sekitar pada khususnya," ujarnya di tempat berbeda.