Bersama Nippon Steel Chemical & Material Indonesia, Jababeka Kembali Tanam 1.000 Pohon Mangrove di PPI Paljaya

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Desember 2020 - 06:25 WIB

PT Jababeka Infrastruktur (PT JI), bersama PT Nippon Steel Chemical & Material Indonesia (PT NSMJ) kembali melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di PPI Paljaya, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi
PT Jababeka Infrastruktur (PT JI), bersama PT Nippon Steel Chemical & Material Indonesia (PT NSMJ) kembali melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di PPI Paljaya, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Jababeka Group melalui anak usahanya, PT Jababeka Infrastruktur (PT JI), bersama PT Nippon Steel Chemical & Material Indonesia (PT NSMJ) kembali menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove di PPI Paljaya, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu.

Penanaman tahun ini sempat tertunda karena faktor cuaca yang menyebabkan air laut pasang sehingga air naik ke permukaan menggenangi beberapa pemukiman warga di sekitar pantai. 

Sebanyak 1.000 pohon mangrove jenis Rhizophora apiculata kembali ditanam dari total 5.000 pohon yang menjadi program penanaman  5 tahun oleh PT. NSMJ yang sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu  hingga 2021 mendatang. 

Penanaman mangrove ini juga bermitra dengan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) HIU yang beranggotakan 15 orang warga setempat. Salah satu tugas Pokmaswas HIU adalah  memantau kegiatan pemanfaatan dan /atau pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayahnya. 

Mulyana, Senor Manager HR PT NSMJ, berharap kegiatan tersebut merupakan dukungan untuk kabupaten Bekasi yang lebih baik.

"Semoga upaya ini makin menambah antusias pihak-pihak industri dalam berkontribusi untuk lingkungan khususnya kelestarian laut dan pesisir pantai," katanya.

PPI Paljaya di Desa Segarajaya ini memiliki potensi wisata antara lain adanya hutan mangrove yang dapat dinikmati melalui jembatan cinta. Selain itu, pengunjung juga bisa menyusuri Sungai Rindu dan Sungai Jingkem yang berjarak sekitar 15 menit dari pesisir PPI Paljaya.

"Pohon mangrove di sepanjang sungai rindu ada yang berumur lebih dari 30 tahun, kami berharap pohon-pohon yang kami tanam sejak Pokmaswas HIU terbentuk, dapat berumur panjang dan membawa banyak manfaat bagi ekosistem pesisir," ujar Agus A. Setiawan, Ketua Pokmaswas HIU.

Sejalan dengan Program Jababeka Bersahabat- Jabat Lingkungan, GM PT. Jababeka Infrastruktur, Aris Dwi Cahyanto sangat mendukung program PT. NSMJ yang merupakan tenant di Kawasan Industri Jababeka.

"Penanaman pohon mangrove oleh PT. NSMJ sangat bermanfaat bagi pelestarian alam pesisir dan masyarakat sekitar pada khususnya," ujarnya di tempat berbeda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…

Dahlan Iskan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:00 WIB

Ulama Wanita

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid-19 adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 77 tahun. Beliau guru besar ilmu fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif…