Bos Garuda Indonesia Pastikan Pelayanan Penumpang Sesuai Protokol Kesehatan

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 27 Mei 2020 - 11:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Tangerang  - Garuda Indonesia melakukan pengecekan langsung penanganan dan pelayanan penumpang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Pengecekan pelayanan ini bertujuan agar penanganan penumpang mulai dari check-in hingga boarding atau masuk ke dalam pesawat tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi COVID-19. Pengecekan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

"Pemerintah sudah memberitahukan terkait rapid test, pcr, dan distancing. Bagi penumpang yang mau terbang harus menyertakan surat surat lengkap sesuai aturan yang ditetapkan," kata Irfan melalui pesan digital kepada Industry.co.id, Selasa malam (26/5/2020).

Tak hanya kelengkapan dokumen saja, Irfan juga memastikan pelayanan penumpang saat melakukan boarding tetap memperhatikan physical distancing.

"Di dalam pesawat pun sudah kami terapkan distancing, makanan pun kita jaga kesehatannya, awak kabin pun dicoba untuk tidak terlalu berinteraksi dengan penumpang," ujar Irfan.

Selain memastikan pelayanan penumpang sesuai dengan Protokol Kesehatan, Irfan juga mengecek kesiapan kru penerbangan.

"Jadi seluruh faktor yang mempengaruhi interaksi kita jaga. Kita jaga seperti itu," jelas Irfan.

“Setiap penerbangan Garuda Indonesia hanya mengangkut maksimal 50 persen penumpang dari seat yang tersedia,” tambah Irfan.

Pada hari raya Idul Fitri 1441 H kemarin, maskapai Garuda Indonesia melayani 33 penerbangan. Di Bandara Soetta sendiri terdapat 14 penerbangan dengan okupansi atau tingkat keterisian penumpang pesawat berada dibawah 50 persen dari seat yang ada.

"Okupansi di tiap pesawat kita komitmen untuk menjamin keselamatan penumpang, distancing kita jaga, mayoritas di bawah 50 persen. Kita memastikan penumpang terbang saat ini yang harus pergi bukan yang mau pergi," tutup Irfan.