Waduh, Akibat Corona Kapasitas Produksi Industri Keramik Drop Sepanjang Sejarah

Oleh : Ridwan | Jumat, 01 Mei 2020 - 15:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Merebaknya virus corona baru atau Covid-19 terus menggerus produktivitas industri manufaktur di Indonesia, tak terkecuali industri keramik.

Berdasarkan data yang dihimpun Asosiasi Aneka Industi Keramik Indonesia (Asaki) utilisasi kapasitas produksi industri keramik nasional turun sangat tajam di bawah 40%.

"Utilisasi kapasitas produksi keramik nasional turun tajam dibawah 40% akibat Covid-19. Angka ini adalah yang terendah sepanjang sejarah," jelas Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Tak hanya kapasitas produksi yang menurun tajam di masa Pandemi Covid-19. Edy mengungkapkan bahwa lebih dari 10.000 karyawan dengan sangat terpaksa harus dirumahkan sejak awal April 2020.

"Diperkirakan bisa lebih dari 15.000 karyawan yang akan dirumahkan sampai dengan bulam Mei," katanya.

Ia berharap pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan ini segera mungkin, agar industri keramik dalam negeri tidak semakin di ujung tanduk.

"Kita sangat berharap pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi dan berakhir, agar semua pengusaha bisa bersemangat kembali meningkatkan kapasitas produksinya," tutup Edy.