Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Dobrak Rutinitas ASN Pemkab Barru Sulsel

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 Februari 2020 - 06:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Barru - Peringatan hari jadi Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, yang ke-60 ditandai dengan resminya Mal Pelayanan Publik (MPP). Kehadiran MPP tidak hanya untuk menyatukan seluruh layanan dalam satu gedung, tapi juga sebuah konsep mendobrak rutinitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pesan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, saat meresmikan MPP Kab. Barru. "MPP merupakan inovasi yang sudah digarap dengan baik untuk mendobrak rutinas kerja ASN Kabupaten Barru," ungkap Menteri Tjahjo, di Alun-alun Kab. Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (20/02).

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Tjahjo menyampaikan bahwa salah satu pesan Presiden untuk membangun ekonomi daerah adalah dengan penyederhanaan dan kecepatan pelayanan. Untuk itulah, Kementerian PANRB terus mendorong seluruh pemerintah kabupaten dan kota agar mendirikan pusat pelayanan modern ini. Sebab dalam hal perizinan, adanya MPP akan mempermudah para investor dan pengusaha.

Dari total 512 kabupaten dan kota di Indonesia, MPP baru hadir di 24 daerah. Pembangunan MPP di daerah harus terus digalakan, sebab orientasi ASN harus menampilkan pelayanan publik yang berkualitas dan cepat. "MPP jadi solusi pada anggapan layanan pemerintah itu lama, berbelit-belit, ada pungli," ujar mantan Menteri Dalam Negeri ini.

Di hadapan pada pejabat, serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Barru, Menteri Tjahjo menjelaskan ada empat perubahan yang harus dilakukan oleh Pemkab Barru untuk akselerasi pelayanan. Empat kunci yang diungkapkan Menteri Tjahjo adalah transformasi budaya, transformasi digital, reformasi struktural, serta reformasi regulasi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, ada 22 instansi yang tergabung dalam MPP Kab. Barru. Untuk saat ini, ada 114 jenis layanan dan akan terus dikembangkan.

Beberapa perizinan yang tergabung dalam MPP Kab Barru, diantaranya adalah layanan BPJS, Kepolisian, Bank Sulselbar, PT Pos Indonesia, One Single Submission (OSS), gerai UMKM, dan lain sebagainya.

Dalam MPP ini juga tersedia pojok bacaan, informasi wisata, ruang laktasi, serta pojok bermain anak. "Kehadiran MPP tak hanya memberi kemudahan, tetapi akan mendatangkan kebahagiaan masyarakat Barru," pungkas Suardi.