Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Dobrak Rutinitas ASN Pemkab Barru Sulsel

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 Februari 2020 - 06:00 WIB

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

INDUSTRY.co.id - Barru - Peringatan hari jadi Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, yang ke-60 ditandai dengan resminya Mal Pelayanan Publik (MPP). Kehadiran MPP tidak hanya untuk menyatukan seluruh layanan dalam satu gedung, tapi juga sebuah konsep mendobrak rutinitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pesan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, saat meresmikan MPP Kab. Barru. "MPP merupakan inovasi yang sudah digarap dengan baik untuk mendobrak rutinas kerja ASN Kabupaten Barru," ungkap Menteri Tjahjo, di Alun-alun Kab. Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (20/02).

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Tjahjo menyampaikan bahwa salah satu pesan Presiden untuk membangun ekonomi daerah adalah dengan penyederhanaan dan kecepatan pelayanan. Untuk itulah, Kementerian PANRB terus mendorong seluruh pemerintah kabupaten dan kota agar mendirikan pusat pelayanan modern ini. Sebab dalam hal perizinan, adanya MPP akan mempermudah para investor dan pengusaha.

Dari total 512 kabupaten dan kota di Indonesia, MPP baru hadir di 24 daerah. Pembangunan MPP di daerah harus terus digalakan, sebab orientasi ASN harus menampilkan pelayanan publik yang berkualitas dan cepat. "MPP jadi solusi pada anggapan layanan pemerintah itu lama, berbelit-belit, ada pungli," ujar mantan Menteri Dalam Negeri ini.

Di hadapan pada pejabat, serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Barru, Menteri Tjahjo menjelaskan ada empat perubahan yang harus dilakukan oleh Pemkab Barru untuk akselerasi pelayanan. Empat kunci yang diungkapkan Menteri Tjahjo adalah transformasi budaya, transformasi digital, reformasi struktural, serta reformasi regulasi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, ada 22 instansi yang tergabung dalam MPP Kab. Barru. Untuk saat ini, ada 114 jenis layanan dan akan terus dikembangkan.

Beberapa perizinan yang tergabung dalam MPP Kab Barru, diantaranya adalah layanan BPJS, Kepolisian, Bank Sulselbar, PT Pos Indonesia, One Single Submission (OSS), gerai UMKM, dan lain sebagainya.

Dalam MPP ini juga tersedia pojok bacaan, informasi wisata, ruang laktasi, serta pojok bermain anak. "Kehadiran MPP tak hanya memberi kemudahan, tetapi akan mendatangkan kebahagiaan masyarakat Barru," pungkas Suardi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…