Pemkot Bangli Bali Tingkatkan Industri Pariwisata

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 November 2019 - 09:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Bangli-Bupati Bangli Made Gianyar SH.M.Hum, Senin, (18/11/2019), membuka secara resmi pelatihan tata kelola homestay dan pondok wisata se-Kabupaten Bangli yang berlangsung di Wantilan Desa Penglipuran, Bali, dari tanggal 18-20 November 2019.

Pelatihan yang diikuti 40 orang dari kelompok sadar wisata ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat setempat, memajukan pariwisata ditingkat desa sehingga pariwisata tidak saja dinikmati oleh orang kota saja, tapi masyarakat pedesaan dapat lebih bisa berkembang.

"Saya harap masyarakat disiplin dalam mengelola homestay dan harus ramah-tamah terhadap  wisatawan, baik manca negara maupun domestik.

Bikin salah satu satrategi agar wisatawan senang dan betah menginap di homestay," imbuh Made Gianyar SH.M.Hum.

Dengan tata kelola homestay yang baik, lanjut Bupati Bangli, maka diharapkan wisatawan akan lebih senang dan dapat merasakan suasana pedesaan yang lebih nyaman, tenang serta mengetahui aktifitas masyarakat sehari-hari.

Kegiatan yang didanai dari dana alokasi khusus non fisik Kementrian Pariwisata itu menghadirkan narasumber dari Asita Bali, HPI Bali, Universitas Udayana, STPBI Denpasar, Politeknik Pariwisata Bali, dan para Ketua Jejaring Kelompokdl Sadar Wisata se-Kabupaten Bangli.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pemasaran Wisata Kabupaten Bangli, Wayan Merta juga berharap agar kelompok sadar wisata di Kabupaten Bangli semakin bertambah banyak sehingga berpengaruh  terhadap kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pedesaan dan membawa dampak yang sangat besar bagi masyarakat.