Bursa Global Menguat Hari Ini

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 September 2018 - 09:03 WIB

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pergerakan bursa saham Asia kembali mampu berbalik menguat di tengah kekhawatiran akan terjadinya perang dagang AS dan Tiongkok. Pelaku pasar merespon positif rilis BoJ yang kembali menahan suku bunganya dan memberikan pandangan positif akan ekonomi Jepang ke depannya seiring dengan langkah pemulihan ekonominya.

"Selain itu, pelaku pasar juga merespon positif pernyataan PM Tiongkok, Le Keqiang, dalam forum World Economic Forum (WEF) dimana meski Tiongkok merasakan ekonomi saat ini tidak nyaman dengan adanya konfrontasi tarif dagang namun, Tiongkok telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mempertahankan ekonominya.," ujar analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Ia bilang, Laju bursa saham Eropa turut bergerak menguat seiring sikap pelaku pasar yang mencoba kembali mengesampingkan ekskalasi perang dagang antara Tiongkok dan AS. Indeks pan-European Stoxx600 naik 0,21 persen dengan dukungan sejumlah sektor, terutama sektor sumber daya, bank, hingga otomotif. Reaksi positif dari pelaku pasar terhadap komentar PM Le Keqiang dalam WEF yang dibarengi dengan positifnya sejumlah berita emiten turut membantu laju bursa saham Eropa bergerak di zona hijau.