Rupiah Diperkirakan Lanjutkan Penguatan

Oleh : Wiyanto | Senin, 17 September 2018 - 09:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.825-14.790. Pergerakan Rupiah yang mulai mencoba menguat dengan memanfaatkan sentimen positif dari dalam negeri, diharapkan dapat kembali berlanjut sehingga mengurangi potensi pelemahan.

"Namun demikian, adanya rilis kenaikan penjualan ritel AS dapat berpotensi memberikan sentimen positif pada USD yang dibarengi dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," ujar analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Senin (17/9/2018).


Menurut dia, berkurangnya kenaikan USD memberikan imbas positif pada pergerakan Rupiah yang dapat kembali menguat. Rupiah terbantukan dengan sentimen yang cukup positif dari pernyataan IMF yang mendukung langkah Pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia dalam merespons aksi jual yang melanda _emerging market_ beberapa waktu ini. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah untuk mengurangi risiko terjadinya arus modal asing keluar, memperketat impor, dan mengendalikan defisit neraca berjalan sebesar 3% dari produk domestik bruto (PDB).

"Pergerakan Rupiah mendapat dukungan dari kenaikan EUR setelah Gubernur ECB, Mario Draghi, menyampaikan optimismenya terhadap pertumbuhan Zona Euro meski Zona Eropa menghadapi situasi global dan adanya penurunan perkiraan pertumbuhan kawasan," katanya.