Berhias Lampu yang Indah, Jelang Idul Fitri Gorontalo Gelar Tradisi Tumbilotohe

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 Juni 2018 - 13:15 WIB

INDUSTRY.co.id, GorontaloMenjelang Idul Fitri, di daerah Indonesia mempunyai tradisi yang unik seperti masyarakat Gorontalo yang merayakannya dengan memasang lampu di teras rumah tradisi ini disebut Tumbilotohe. Diperkirakan, tradisi sini sudah berlangung lama. 

Dahulu, masyarakat menggunakan wango-wango yang merupakan salah satu alat penerangan yang terbuat dari wamuta atau seludang yang dihaluskan dan diruncingkan, kemudian dibakar. 

Seiring berjalannya waktu, kini sudah menggunakan lampu hias listrik warna-warni. Bukan pula hanya diletakkan di depan rumah, tapi untuk menerangi jalan-jalan teretentu, lapangan dan tempat-tempat yang menjadi pusat perayaan Tumbilotohe.

Tradisi ini juga sudah dikemas dalam bentuk festival, jika dilihat dengan mata sangat menarik, apalagi ada kelap-kelip lampu dengan jumlah banyak dalam satu lokasi dan begitu nampak indah.  

Sejak dahulu, makna dari Tumbilotohe adalah untuk menerangi masjid dan menyambut para pengumpul zakat fitrah dirumah masyarakat, karena hanya dengan jumlah lampu yang dipasang adalah pemilik rumah menandakan berapa orang penghuni rumah yang wajib memberikan zakat fitrah.