Demi Keselamatan, Desain Kelotok Wisata di Banjarmasin dihimbau Agar diperbaiki

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 09 Juni 2018 - 17:30 WIB

INDUSTRY.co.id, Banjarmasin Wisata susur sungai menggunakan kelotok sangat diminati oleh masyarakat Banjarmasin ataupun wisatawan yang sedang berkunjung ke sana. Untuk meningkatkan keselamatan para pengunjung. Sebagaimana diketahui, pariwisata susur sungai Martapura kini menjadi andalam wisata Banjaramsin.

Oleh karena itu, Pemkot Banjarmasin melakukan pendekatan dan sosialiasi kepada pemilik kelotok, agar lebih mengutamakan keselamatan penumpangnya. Apalagi tambahnya, selama desain kelotok masih menggunakan atap datar, penumpang akan tetap memilih duduk di atas.

"Perlu ada penyesuaian atau desain baru terkait atap kelotok ini. Masalahnya di atas penumpang lebih nyaman dan leluasa memandang, kalau di bawah kan terbatas dan sempit," kata Anggota DPRD Banjarmasin Zainal Hakim di Banjarmasin, dikutip dari antara, Jumat (8/6/2018).

Selain itu, Zainal juga mengimbau pemilik kelotok tetap menyediakan alat-alat keselamatan, seperti pelampung yang dapat digunakan penumpang apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Pelampung ini sangat penting, setiap kelotok harus memilikinya. Ini juga merupakan imbauan dari Dishub dan Pol Air Banjarmasin," tuturnya.

Bahkan menurut pengakuan para pengemudia atau juragan kelotok, pada Ramadhan ini kunjungan untuk wisata susur sungai makin meningkat dari biasanya.

"Ribuan pengunjung siring sungai Martapura memilih wisata susur sungai, bahkan setiap malam Ramadan ini terus marak," ucap salah seorang pemilik kelotok, Muhammad