Garuda Indonesia Sasar Potensi Umrah Bandara Kertajati Majalengka

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 10:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyasar potensi umrah melalui Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, yang akan dibuka 24 Mei 2018 dan rencananya menjadi embarkasi haji tahun ini.

"Kami sedang kaji penerbangan umrah dari Kertajati yang memang potensi umrah dari Jawa Barat sangat potensial," kata Direktur Operasi Garuda Indonesia Triyanto Moeharsono di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (22/5/2018)

Triyanto mengatakan meski landasan pacu Bandara Kertajati saat ini belum bisa menampung pesawat berbadan lebar khusus penerbangan jarak jauh, diharapkan saat musim umrah November mendatang perluasan landasan pacu sudah bisa rampung.

"Umrah itu mulainya setelah haji, sekitar November. Diharapkam dibangun landasannya, Oktober sudah jadi dan bisa 'go' (berangkat)," katanya.

Dengan demikian, Triyanto mengatakan penerbangan umrah bisa dilayani tanpa perlu menggunakan skema pemberangkatan sementara seperti saat penerbangan haji.

Bandara Kertajati akan menjadi embarkasi haji antara menyusul daya dukung landasan pacu yang belum bisa mengakomodir pesawat berbadan lebar, Juli mendatang.

Saat ini, panjang landasan pacu baru 2.500 meter sehingga memang belum bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 yang biasa digunakan untuk penerbangan haji.

Panjang landasan pacu akan diperluas menjadi 3.000 meter pada Juli mendatang dan ditargetkan rampung dalam waktu enam bulan.

Nantinya Garuda Indonesia akan mengangkut jamaah haji dengan Airbus 330 sampai ke Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian, jamaah akan berpindah ke pesawat Saudi Airlines yang mendapat jatah jamaah wilayah Majalengka dan Sumedang, untuk langsung terbang menuju Arab Saudi.