Bappenas-Metropoli Keja Sama Kembangkan 10 Bali Baru

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 12 Januari 2018 - 08:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Fundacion Metropoli bekerja sama untuk mengembangkan sepuluh tujuan wisata baru di Indonesia.

Kerja sama keduanya diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang Solusi Bersama Kota dan Wilayah yang Berkelanjutan di Indonesia oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro bersama Pendiri sekaligus Presiden Kehormatan Fundacion Metropoli Alfonso Vegara di Jakarta, Kamis (11/1/2017)

Bambang mengatakan, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya perencanaan wilayah. Saat ini, pemerintah berupaya untuk menciptakan 10 "Bali" baru. Presiden sangat ingin di awal perencanaan wilayah, Bappenas membuat pemetaan yang sangat komprehensif dan berkelas dunia.

"Kita berharap dengan keterlibatan Fundacion Metropoli ini dapat membantu Indonesia untuk menciptakan sepuluh daerah wisata baru yang akan menarik para turis mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Untuk itu, kita akan mulai dengan Bintan," ujar Bambang usai penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Adapun lima area kerja sama yang termasuk dalam nota kesepahaman tersebut antara lain Knowledge Co-Creation in Urban Solutions, Sustainable Cities and Communities Policy Networking, Joint Fellowship Progamme, Indonesia Future Regional and Cities Lab Alliance, dan Piloting Project (Incubation) of Sustainable Cities and Regions Concept.

Fundacion Metropoli merupakan konsultan asal Spanyol yang ahli dalam perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi dan potensi yang dimiliki oleh wilayah tersebut.

Konsultan yang menerima banyak penghargaan dari PBB, Uni Eropa, dan Dewan Perencana Spasial Eropa ini juga mahir dalam merancang, memvisualisasi, dan memproyeksikan perkembangan suatu wilayah ke depan.

"Fundacion Metropoli memiliki metodologi yang bagus untuk merancang suatu wilayah. Untuk itu, kita sangat tertarik, apalagi kita punya rencana untuk mengembangkan 10 destinasi wisata. Kita mencoba menggunakan pendekatan yang sama," kata Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata seperti dilansir Antara.

Bambang sendiri sangat optimistis kerja sama tersebut dapat berhasil, termasuk menghasilkan daerah wisata di Indonesia Timur.

"Karena Fundacion Metropoli telah berhasil membuat 'basework' untuk Bintan, ini saatnya untuk mengimplementasikan perencanaan yang lebih detail. Setelah itu, kita akan mulai apakah untuk mendapatkan investor potensial atau pemerintah akan muncul dengan skema pembiayaan alternatif," ujar Bambang.