Bappenas-Metropoli Keja Sama Kembangkan 10 Bali Baru

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 12 Januari 2018 - 08:20 WIB

KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten
KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Fundacion Metropoli bekerja sama untuk mengembangkan sepuluh tujuan wisata baru di Indonesia.

Kerja sama keduanya diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang Solusi Bersama Kota dan Wilayah yang Berkelanjutan di Indonesia oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro bersama Pendiri sekaligus Presiden Kehormatan Fundacion Metropoli Alfonso Vegara di Jakarta, Kamis (11/1/2017)

Bambang mengatakan, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya perencanaan wilayah. Saat ini, pemerintah berupaya untuk menciptakan 10 "Bali" baru. Presiden sangat ingin di awal perencanaan wilayah, Bappenas membuat pemetaan yang sangat komprehensif dan berkelas dunia.

"Kita berharap dengan keterlibatan Fundacion Metropoli ini dapat membantu Indonesia untuk menciptakan sepuluh daerah wisata baru yang akan menarik para turis mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Untuk itu, kita akan mulai dengan Bintan," ujar Bambang usai penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Adapun lima area kerja sama yang termasuk dalam nota kesepahaman tersebut antara lain Knowledge Co-Creation in Urban Solutions, Sustainable Cities and Communities Policy Networking, Joint Fellowship Progamme, Indonesia Future Regional and Cities Lab Alliance, dan Piloting Project (Incubation) of Sustainable Cities and Regions Concept.

Fundacion Metropoli merupakan konsultan asal Spanyol yang ahli dalam perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi dan potensi yang dimiliki oleh wilayah tersebut.

Konsultan yang menerima banyak penghargaan dari PBB, Uni Eropa, dan Dewan Perencana Spasial Eropa ini juga mahir dalam merancang, memvisualisasi, dan memproyeksikan perkembangan suatu wilayah ke depan.

"Fundacion Metropoli memiliki metodologi yang bagus untuk merancang suatu wilayah. Untuk itu, kita sangat tertarik, apalagi kita punya rencana untuk mengembangkan 10 destinasi wisata. Kita mencoba menggunakan pendekatan yang sama," kata Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata seperti dilansir Antara.

Bambang sendiri sangat optimistis kerja sama tersebut dapat berhasil, termasuk menghasilkan daerah wisata di Indonesia Timur.

"Karena Fundacion Metropoli telah berhasil membuat 'basework' untuk Bintan, ini saatnya untuk mengimplementasikan perencanaan yang lebih detail. Setelah itu, kita akan mulai apakah untuk mendapatkan investor potensial atau pemerintah akan muncul dengan skema pembiayaan alternatif," ujar Bambang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Uni-Charm Indonesia Tbk meresmikan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik.

Selasa, 30 April 2024 - 20:36 WIB

Resmikan PLTS, Uni-Charm Indonesia Umumkan Pembelian REC Dari PLN

Dengan upaya PT Uni-Charm ini, ada 16,000,000 kWh/tahun energi yang dihasilkan dari 3 pabrik berhasil dialihkan ke green energy, dan berkontribusi mengurangi lebih dari 14,000 ton CO2 yang dihasilkan…

DEMO ANARKIS YANG DILAKUKAN DI KANTOR PUSAT BTN

Selasa, 30 April 2024 - 19:35 WIB

BTN Sayangkan Demo Anarkis yang Dilakukan di Kantor Pusat BTN

Jakarta-Aksi Demonstrasi yang terjadi di Kantor Pusat PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mulai meresahkan, pada hari kedua aksi unjuk rasa yang mengatasnamakan Kelompok Anti Korupsi (KAK)…

Penandatanganan Land Purchase Agreement antara Subang Smartpolitan & BYD

Selasa, 30 April 2024 - 19:30 WIB

Kucurkan Investasi Jumbo, BYD Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang Smartpolitan

Subang Smartpolitan "Green, Smart and Sustainable City dengan bangga menyambut BYd, salah satu pionir industri kendaraan listrik (EV) global sebagai tenant terbesar terbarunya. Pendirian pabrik…

Ilustrasi

Selasa, 30 April 2024 - 19:24 WIB

Cara Menguji Perangkat Anda Sesuai Standar Pengisian Nirkabel Rezence VN88

Pengisian daya wireles menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan cara yang nyaman dan bebas repot untuk mengisi daya perangkat Anda tanpa memerlukan kabel yang kusut.…

Rumah contoh Karawang Green Village 3

Selasa, 30 April 2024 - 17:49 WIB

Tawarkan Konsep Hunian Ramah Anak, Citanusa Group Hadirkan Karawang Green Village 3

Citanusa Group menghadirkan Karawang Green Village 3 (KGV3) yang merupakan sebuah kawasan residensial yang menyasar masyarakat di kawasan industri dengan menawarkan konsep “Home for Family”…