Pengeboran Tiga Sumur HCML Diperkirakan Beroperasi Tahun 2019

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 November 2017 - 12:55 WIB

INDUSTRY co.id -Sumenep - Proyek pengeboran tiga sumur yang dilakukan Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2019 mendatang.

"Saat ini kami masih menyelesaikan pemasangan pondasi anjungan untuk produksi gas," kata Community Relations and Development Officer Coordinator HCML, Ali Aliyuddin, Kamis (16/11/2017).

Tiga sumur gas tersebut berada di lapangan gas MDA, MBH, dan MDK sebelah selatan Pulau Sapudi dan Raas, Kabupaten Sumenep. 

"Kami menargetkan pemasangan pondasi anjungan selesai pada akhir 2017, dan berikutnya kami akan melanjutkan dengan pekerjaan penyelesaian bagian atas anjungan pada tahun 2018," terang Ali.

Sesuai hasil kajian teknis, Ali menjelaskan, produksi gas di tiga sumur tersebut sekitar 100 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).

"Untuk masa produksinya diperkirakan selama 10-15 tahun. Semoga saja penyelesaian pemasangan peralatan produksi berjalan lancar sesuai rencana, sehingga target produksi pada 2019 bisa terealisasi," ujarnya.

HCML sebagai pengelola Lapangan Gas MDA, MBH, dan MDK telah melakukan serangkaian kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sejak 2012. Lapangan Gas MDA, MBH, dan MDK yang dikelola HCML tersebut sebagian merupakan area lAL.ihan perang TNI AL.